Bisa Dijadikan Obat, Ini 5 Manfaat Tak Terduga dari Kembang Pacar Air

Sabtu, 4 Februari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Bisa Dijadikan Obat, Ini 5 Manfaat Tak Terduga Dari Kembang Pacar Air

Ilustrasi kembang pacar air. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kembang pacar air. Ya, tanaman ini tak hanya dijadikan sebagai penghias pekarangan rumah, tapi kelopak bunganya juga dapat dijadikan sebagai pewarna kuku alami.

Tak hanya itu, kembang pacar air ini pun sudah lama digunakan sebagai bahan obat tradisonal. Tanaman yang banyak tersebar di kawasan Asia Tenggara ini memiliki lima manfaat tak terduga lainnya, lho. Apa saja?

Atasi Masalah Kulit

Ilustrasi gatal. (Special)

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tanaman kembang pacar air yakni dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit, seperti eksim maupun kulit yang gatal. Selain kelopak bunga, daun dari tanaman kembang pacar air ini dapat membantu mengobati pemulihan luka pada kulit. 

Kamu bisa menggunakan tanaman kembang pacar air sebagai bahan alternatif obat alami yang bisa kamu olah sendiri di rumah. Caranya, ambil beberapa helai daun kembang pacar air, kemudian tumbuk daun hingga halus. Setelah itu, oleskan ke bagian kulit yang luka atau gatal-gatal. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Atasi Gejala Rematik

Ilustrasi gejala rematik. (Special)

Manfaat lainnya dari kembang pacar air ini ialah dapat membantu mengatasi gejala rematik. Salah satu gejala penyakit yang menyerang sistem imun tubuh ini dapat memicu terjadinya peradangan dan juga pembengkakam pada tubuh. Akan tetapi kamu tak perlu khawatir, sebab bisa memanfaatkan kembang pacar air, dengan mengambil akar dan kelopak bunganya untuk diolah menjadi obat tradisional.

Ekstrak yang dihasilkan dari kembang pacar air ini dapat mengurangi gejala rematik serta rasa nyeri akibat peradangan. Selain masalah rematik, kembang pacar air ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati patah tulang.

Rawat Kuku

Ilustrasi kuku. (Special)

Kelopak kembang pacar air kerap dimanfaatkan sebagai pewarna kutek alami untuk memperindah tampilan kuku. Selain dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk memperindah kuku, ternyata daun dari kembang pacar air dapat dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kuku, khususnya bagi kuku yang patah.

Atasi Gejala PMS

Ilustrasi sakit perut. (Special)

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari kembang pacar air ini ialah untuk membantu mengatasi gejala PMS. Kembang pacar air disebut dapat membantu meredakan rasa nyeri haid.

Caranya, ambil empat atau lima akar kembang pacar air, kemudian rebus dengan air 400 cc. Setelah itu, saring dan ambil airnya untuk diminum. Kamu bisa melakukan cara ini dan meminum airnya dengan rutin untuk meredakan rasa nyeri.

Atasi Masalah Keputihan

Ilustrasi keputihan. (Special)

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh perempuan, khususnya di area organ kewanitaan, ialah keputihan dan bau tak sedap. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan kelopak kembang pacar air untuk membasuh area kewanitaan serta membantu menghilangkan keputihan dan bau tak sedap tersebut. 

Caranya, ambil kelopak bunga atau daun kembang pacar air secukupnya. Kemudian, ambil daun sambilito kering secukupnya. Setelah itu, rebus semua bahan dengan air tawar hingga mendidih supaya tidak ada bakteri yang tertinggal. Setelah mendidih, saring dan ambil airnya untuk diminum.

Perlu diingat, meski kembang pacar air memiliki manfaat untuk tubuh, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.