Sedang Tren! 5 Manfaat Konsumsi Oyster atau Tiram

Minggu, 4 September 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sedang Tren! 5 Manfaat Konsumsi Oyster Atau Tiram

Ilustrasi Oyster. (Special)

Ladiestory.id - Akhir-akhir ini, netizen sedang dihebohkan dengan challenge memakan oyster secara mentah. Oyster merupakan salah satu jenis kerang tiram yang memiliki cangkang berkapur dan putih. Makanan laut ini memang bisa dikonsumsi tanpa dimasak alias mentah.

Namun, banyak orang yang masih tidak suka dengan oyster lantaran bau amisnya. Padahal, makanan laut ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, loh!

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi hidup sehat. (Special)

Manfaat pertama mengonsumsi oyster adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Pasalnya, di dalam makanan laut ini memiliki kandungan vitamin E dan vitamin C yang sangat tinggi.

Selain itu, oyster juga memiliki berbagai mineral lain yang berfungsi untuk membangun imunitas tubuh. Terlebih, dalam tiram ini memiliki sifat anti inflamasi dan anti oksidan. Sehingga, saat mengonsumsi oyster, sama saja kamu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain kaya akan vitamin, oyster juga mengandung zinc yang tinggi. Diketahui, kandungan ini pula yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Terutama di musim yang tidak menentu seperti sekarang ini. Banyak orang yang terkena influenza lantaran musim dan cuaca. Sementara, National Helth Institute menyebut zinc mampu mempercepat penyembuhan penyakit flu.

Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi melakukan diet. (Special)

Salah satu manfaat mengonsumsi oyster yang digandrungi banyak orang, yakni bisa membantu menurunkan berat badan. Terlebih, oyster sangat direkomendasikan dikonsumsi saat menjalani proses diet. Pasalnya, oyster memiliki kandungan protein yang tinggi. Sehingga, kandungan ini dapat membantu memperlancar sistem metabolism dalam tubuh.

Bahkan, oyster merupakan makanan laut yang memiliki kalori rendah. Sehingga, saat dimakan dalam porsi yang banyak atau berlebih, tidak harus khawatir menimbun lemak di dalam tubuh.

Penelitian pada 2014 yang dilakukan Nutrition Journal menyebutkan, orang-orang yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi akan merasa kenyang lebih lama, jika dibanding dengan mereka yang mengonsumsi makanan tinggi lemak.

Jaga Kesehatan Mata

Dark circle atau lingkaran hitam pada area mata (Special)

Mengonsumsi makanan laut ini juga memberikan manfaat untuk kesehatan mata kamu. Pasalnya, oyster mengandung zinc yang diperlukan untuk mata.

Bahkan, Health Fitness Revolution menyebutkan, oyster merupakan makanan yang menduduki peringkat pertama dengan kandungan zinc. Hal ini bisa membuat penglihatan menjadi lebih tajam. Selain itu, kandungan zinc ini mampu meningkatkan produksi pigmen mata oleh retina.

Jaga Kesehatan Jantung

lustrasi jantung sehat. (Special)

Oyster juga mendatangkan kesehatan bagi jantung. Pasalnya, dalam makanan laut ini mengandung lemak omega-3 dan kalium. Diketahui, kandungan omega-3 mampu meberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Bahkan, makanan laut ini mampu mencegah kematian akibat penyakit jantung.

Selain itu, omega-3 dapat menurunkan akdar trigliserida. Kemudian, kandungan ini mampu mengurangi pembekuan darah dan dapat mengurangi detak jantung yang tidak beratur. Mengonsumsi oyster juga mampu menjaga kesehatan jantung lantaran memiliki mineral kalium. Diketahui, kandungan ini mampu menjaga tekanan darah menjadi tetap normal atau stabil.

Selain itu, kalium ini dapat membantu otot-otot di pembuluh darah menjadi lebih rileks. Sehingga sama saja jantung dalam tubuh menjadi lebih sehat.

Kuatkan Tulang

Ilustrasi kesehatan tulang. (Special)

Makanan laut ini cocok dikonsumsi bagi orang yang sudah memasuki usia lanjut. Pasalnya, mereka kerap mengeluhkan sendi-sendi yang linu akibat dimakan usia. Oyster mampu membantu menguatkan tulang. Makanan laut ini memiliki kandungan selenium, tembaga, besi, seng, fosfor dan kalsium yang sangat dibutuhkan tulang.

Mengonsumsi oyster dalam jumlah yang cukup banyak mampu membantu menghindarkan dari beberapa penyakit tulang, seperti osteoporosis dan radang sendi. Selain itu, makanan laut ini juga bisa menjaga kesehatan gigi.