Enak dan Berkhasiat, 7 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 29 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Enak dan Berkhasiat, 7 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Buah melinjo biasanya digunakan sebagai campuran sayur asem atau diolah menjadi emping. Selain buah dan bijinya, kulit melinjo ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, lo.

Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

Apa saja sih manfaat kulit melinjo untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Kulit Melinjo Bermanfaat sebagai Sumber Antioksidan

Foto: Ladiestory.id

Kulit melinjo mengandung zat yang disebut likopen. Likopen memiliki peranan sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan sejumlah penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan katarak.

Tak hanya likopen, kulit melinjo juga diperkaya dengan sumber antioksidan lainnya berupa beta-karoten yang dapat berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh untuk mencegah datangnya penyakit serius.

2. Melindungi Otot Tubuh

Kulit melinjo juga baik untuk melindungi otot tubuh karena diperkaya dengan kandungan protein. Protein bisa dikatakan sebagai zat yang penting untuk mempertahankan fungsi jaringan otot serta mendukung pertumbuhan otot.

Selain protein, kulit melinjo juga kaya akan magnesium yang membantu mengatasi keram dan nyeri pada otot serta kalsium yang berperan penting untuk membantu kerja otot.

3. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Foto: Ladiestory.id

Manfaat berikutnya yang dapat dirasakan dari kulit melinjo adalah kulit dan rambut yang sehat. Zink yang terkandung dalam kulit melinjo berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat serta membantu meningkatkan produksi kolagen.

Tak hanya itu, dilansir dari situs hellosehat, kulit melinjo juga mengandung protein yang baik untuk mencegah kerontokan rambut dan membuat rambut tampak sehat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dalam kulit melinjo tak hanya mampu membantu kerja otot tapi juga dapat menjaga kepadatan tulang dan gigi. Kulit melinjo juga memiliki kandungan fosfor yang bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Mengurangi Risiko Munculnya Penyakit Ginjal

Foto: Ladiestory.id

Fosfor, salah satu jenis mineral yang ada pada kulit melinjo ternyata juga bermanfaat untuk merawat fungsi ginjal karena kemampuannya dalam mengatur kadar keseimbangan cairan, garam, dan lemak pada tubuh.

Selain untuk mengatur kadar garam dan cairapada tubuh, fosfor juga membantu kerja ginjal untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Dengan begitu, risiko penyakit ginjal pun akan berkurang.

6. Menjaga Kesehatan Otak dan Saraf

Kandungan magnesium pada kulit melinjo memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan otak. Magnesium memiliki senyawa yang disebut dengan superoksida dismutase yang mampu memerangi radikal bebas. Kemudian, magnesium ini membuat hubungan antar sel menjadi efisien sehingga otak dan saraf menjadi sehat.

7. Mencegah Datangnya Asam Urat

Foto: Ladiestory.id

Berikutnya, kulit melinjo memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam urat atau sebagai antigout (anti asam urat). Seperti yang dilansir dari Halodoc, terdapat sejumlah senyawa yang berperan untuk mencegah terjadinya asam urat, seperti tokoferol, flavonoid, polifenol, dan asam askorbat, dan senyawa lainnya yang efektif untuk mengobati dan mencegah asam urat.

Itu dia ketujuh manfaat kulit melinjo bagi kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya untuk mulai menambahkan kulit melinjo ke dalam masakan untuk menambah kandungan gizi pada menu makanan harianmu. Semoga membantu!