Ampuh Mengatasi Keputihan, Ini 3 Manfaat Kunyit Asam untuk Rahim

Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:59:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Ampuh Mengatasi Keputihan, Ini 3 Manfaat Kunyit Asam untuk Rahim

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory - Minum jamu sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu jamu yang paling populer adalah jamu kunyit asam.

Jamu kunyit asam dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh baik pria dan wanita. Bahkan bagi para wanita kunyit asam juga bermanfaat bagi rahim atau peranakannya. 

Manfaat Kunyit Asam untuk Rahim

Inilah beberapa manfaat minum  kunyit asam untuk rahim.

1. Mengatasi Nyeri Panggul saat Menstruasi

Foto: Ladiestory.id

Manfaat pertama dari kunyit asam adalah meredakan rasa nyeri pada saat rahim berkontraksi saat menstruasi. Kunyit asam mengandung kurkumin mampu bekerja untuk mengurangi hormon prostaglandin sebagai penyebab peradangan dan rasa nyeri pada area panggul saat menstruasi. 

Bukan hanya itu, campuran kunyit dan asam juga baik dalam pengaruh sistem saraf otak. Otak memberikan sinyal pada tubuh untuk mengurangi rasa nyeri dan kontraksi rahim saat menstruasi.

Dengan minum kunyit asam sebelum, pada saat dan sesudah menstruasi, maka kamu tidak akan lagi mengalami nyeri panggul saat menstruasi.

2. Mengurangi Keputihan

Foto: Ladiestory.id

Bagi para wanita keputihan sudah menjadi hal yang biasa. Namun bila keputihan yang muncul berlebihan dan menimbulkan bau tidak sedap disertai rasa gatal pada organ vital tentu hal ini akan sangat mengganggu. 

Keputihan pada wanita terjadi normalnya pada saat menjelang dan sesudah menstruasi. Hal ini karena adanya bakteri, sel mati, jamur atau parasit dalam cairan yang diproduksi oleh rahim dan mengantarkannya keluar melalui lubang vagina. 

Selain karena adanya sel mati, keputihan yang sangat berlebihan juga dapat disebabkan karena adanya gejala kanker rahim. Untuk keputihan yang normal kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi kunyit asam secara rutin. 

Kunyit asam dipercaya mampu mengatasi keputihan karena adanya kandungan minyak atsiri dan mineral yang dapat membersihkan sisa-sisa darah haid pada saluran tuba falopi. Tuba falopi yaitu saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya sel telur menuju rahim.

3. Meningkatkan Kesuburan

Foto: Ladiestory.id

Sebagian masyarakat berpendapat bahwa kunyit asam bisa menyebabkan rahim menjadi kering. Tapi kenyataannya menurut penelitian kunyit asam justru dapat meningkatkan kesuburan.

Hal ini karena kunyit asam mampu bekerja untuk mengatasi peradangan yang hebat, mampu melindungi DNA, dan juga mengurangi toksisitas logam berat.

Biasanya kondisi wanita yang mencoba program hamil memiliki gejala rasa sakit dan peradangan pada area panggul, yang disebabkan karena adanya Sindrom Polikistik Ovarium, fibroid rahim, endometriosis dan juga ketegangan otot rahim pra menstruasi.

Masalah-masalah pada rahim tersebut dapat diatasi dengan cara konsumsi kunyit asam untuk meningkatkan kesuburan. Jadi bila kamu tengah merencanakan kehamilan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kunyit asam secukupnya saja. 

Itulah ladies 3 manfaat kunyit asam bagi rahim. Hal yang perlu diperhatikan adalah konsumsi kunyit asam dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan, ya.

Berita Terkait