15 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Obati Sakit Mag

Senin, 1 November 2021 | 20:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

15 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Obati Sakit Mag

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kunyit merupakan salah rempah-rempah yang biasa digunakan untuk campuran bumbu masakan. tapi ternyata bukan hanya untuk bumbu masakan, kunyit juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Setidaknya ada 15 manfaat kunyit yang tak terduga bagi kesehatan seperti:

1. Mengobati Sakit Mag

manfaat kunyit
Foto: Ladiestory.id

Salah satu manfaat dari kunyit adalah mengobati sakit mag. Hal ini karena curcumin dalam kunyit dapat mengontrol empedu dan produksi asam lambung yang berlebihan.

2. Mengatasi Mual dan Kembung

Zat curcumin dalam kunyit dapat mengurangi tekanan pada perut dan menyerap dalam aliran darah. Dengan konsumsi curcumin secara rutin perut akan terasa ringan dan lega, sehingga rasa mual pun akan berkurang. 

Curcumin juga dapat mengurangi tekanan gas dalam perut dengan cara membantu otot pencernaan agar bergerak aktif. Serta membantu menghentikan produksi asam lambung yang berlebihan.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat lainnya dari kunyit yaitu mengurangi resiko jantung. Penyakit jantung terjadi karena ketidakmampuan endotelium dalam mengontrol tekanan darah dan proses pembekuan darah. Adanya kandungan curcumin dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah yang disebut endotelium.

4. Mengobati Radang

Khasiat kunyit selanjutnya adalah mengobati radang. Hal ini karena curcumin mampu berperan sebagai antioksidan sekaligus berfungsi sebagai anti radang paten serta meningkatkan kortisol dalam adrenalin tubuh.

5. Mengatasi Nyeri Haid

Kandungan curcumin pada kunyit dapat melemaskan kontraksi rahim penyebab timbulnya perut kram atau nyeri  saat haid. Curcumin juga dapat mengurangi aliran ion kalsium dalam sel epitel rahim, dan mengurangi produksi prostaglandin yang merupakan hormon pemicu rasa sakit.

6. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

manfaat kunyit
Foto: Ladiestory.id

Adanya kandungan curcumin dalam kunyit mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu juga meningkatkan produksi insulin, sehingga gejala diabetes lebih mudah ditangani.

7. Melawan Infeksi

Salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yakni melawan infeksi. Infeksi yang bisa diatasi dengan kunyit antara lain infeksi kulit, infeksi karena keracunan makanan, infeksi jamur karena sariawan dan juga infeksi pada daerah kewanitaan.  

8. Sebagai Obat Alergi

Manfaat lainnya dari kunyit untuk kesehatan adalah untuk obat alergi. Curcumin dan bisdesmetoksicurcumin berperan sebagai anti-alergi, yang membantu menghilangkan rasa gatal pada kulit.

9. Mencegah Penyakit Alzheimer

Timbulnya penyakit alzheimer berhubungan dengan terjadinya kerusakan oksidatif dan peradangan otak sehingga menimbulkan penumpukan plak dalam otak. Namun bila mengkonsumsi curcumin dalam dosis yang tepat maka plak pada otak tersebut dapat dibersihkan.

10. Mencegah Penuaan Dini

Adanya nutrisi dalam kunyit mampu mengatasi kerutan dan mencegah proses penuaan dini yang terjadi akibat dari kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol, rokok dan sebagainya.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat kunyit
Foto: Ladiestory.id

Kunyit mengandung zat curcumin atau kurkumin yang dapat bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan karena adanya zat anti kataral.

12. Merawat Organ Hati

Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kunyit bisa menjaga organ hati tetap sehat dan mencegahnya dari kerusakan. 

13. Mengurangi Depresi 

Studi menunjukkan bahwa konsumsi kunyit mampu mengurangi gejala depresi. Hal ini dikarenakan, kurkumin dalam kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik.

14. Menghilangkan Bulu pada Bagian Tubuh

Bagi kamu yang memiliki bulu yang diinginkan pada bagian tubuh tertentu, kamu bisa menggunakan kunyit untuk mengatasinya. Caranya cukup oleskan masker atau krim kunyit pada area tubuh yang ditumbuhi bulu.

15. Mencerahkan Wajah

Manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan dari kunyit yaitu dapat mencerahkan wajah Anda. Hal ini lantaran adanya kandungan vitamin, nutrisi dan pati pada kunyit sehingga dapat membuat kulit cerah.

Nah, itulah 15 manfaat kunyit yang tak terduga. Semoga bermanfaat.