Siap Berkurban! Ini 7 Manfaatnya bagi Umat Muslim

Jumat, 8 Juli 2022 | 22:30:00

Siap Berkurban! Ini 7 Manfaatnya Bagi Umat Muslim

Ilustrasi hewan kurban. (Special)

Ladiestory.id - Hari raya Iduladha menjadi perayaan besar selain Idulfitri, yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya yang jatuh pada 10 Zulhijah dalam kalender Islam tersebut, tahun ini dirayakan pada 10 Juli 2022. 

Pastinya umat muslim yang merayakan sudah mempersiapkan dana untuk ibadah kurban. Di Indonesia, ibadah kurban biasanya berupa seekor sapi atau kambing, dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. 

Berkurban bisa menjadi amalan pengganti ibadah haji bagi yang belum mampu. Ini merupakan salah satu keutamaan berkurban yang ingin didapatkan oleh hampir setiap umat muslim di seluruh dunia.

Selain sebagai amalan pengganti ibadah haji bagi yang belum mampu, berkurban juga dapat memperkuat keimanan. Ibadah kurban juga dapat dijadikan sebagai aksi sosial dan kemanusiaan untuk saling berbagi kebaikan dengan orang lain. 

Terdapat beragam manfaat berkurban bagi umat Islam. Salah satunya yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al-Hajj ayat 34, yang artinya,

"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih kurban, supaya mereka menyebut nama Allah SWT terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah SWT kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah." (QS. Al-Hajj: 34)

Dilansir dari berbagai sumber, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan oleh umat muslim yang berkurban.

Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Ilustrasi manfaat berkurban. (Special)

Kata kurban (qurban) berasal dari Bahasa Arab "Qariba" yang memiliki makna "mendekatkan" atau "dekat". Artinya menyembelih hewan bertujuan melaksanakan perintah Allah SWT, seperti yang tercantum dalam QS. Al-Maidah ayat 27, yang artinya,

"Sesungguhnya Allah SWT hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Maidah: 27).

Sebagai Penebus Dosa

Ilustrasi manfaat berkurban. (Special)

Sebagai manusia tentunya tidak pernah luput dari berbuat dosa. Dengan melakukan kurban dapat dimaknai sebagai upaya untuk menebus dosa. Ini menjadi salah satu manfaat berkurban bagi umat Islam dan terdapat dalam sebuah hadis berikut ini.

"Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya tetesan darahnya yang pertama itu adalah pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu." (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban)

Sebagai Ungkapan Syukur

Ilustrasi umat muslim bersyukur. (Special)

Bagi umat muslim dengan berkurban dapat menjadi ungkapan rasa syukur. Sebagaimana yang diajarkan dalam ajaran Islam, saat mendapatkan rezeki sebaiknya disertai dengan rasa syukur kepada Allah SWT.

Manfaat ini seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-Kautsar ayat 1 dan 2, yang artinya,
"Sungguh, Kami telah memberimu telaga kautsar, maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al-Kautsar: 1 dan 2)

Menyucikan Diri dan Harta Benda

Ilustrasi manfaat berkurban. (Special)

Berkurban menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk menyucikan diri dan harta benda yang dimiliki. Berkurban diibaratkan seperti pembilas segala rezeki yang diperoleh.

Memberdayakan Usaha Ternak Lokal

Ilustrasi hewan kurban. (Pixabay)

Manfaat selanjutnya yang akan didapatkan dari berkurban adalah dapat membantu memberdayakan usaha ternak lokal, khususnya dari segi perekonomian. Para peternak pun akan sangat terbantu dengan adanya momen penyembelihan hewan kurban saat momen Iduladha.

Mendapat Keberkahan Hidup

Ilustrasi manfaat berkurban. (Special)

Saat menyaksikan hewan disembelih, muncul perasaan syukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan pada diri manusia. Dengan rasa syukur ini, hidup akan menjadi lebih berkah dan jiwa terhindar dari penyakit hati. 

Menjalin Silaturahmi

Ilustrasi menjalin silaturahmi. (Special)

Dalam ajaran agama Islam, dianjurkan untuk saling menjalin dan menjaga silaturahmi. Menjalin silaturahmi disebutkan mampu memperpanjang usia seseorang. Saat momen berkurban di hari raya Iduladha, kamu dapat mempererat tali silaturahmi dengan orang di sekitarmu. Baik itu dengan saudara, tetangga, maupun kerabat jauh, yang terkadang karena jarak ataupun kesibukan membuat sulit untuk bersilaturahmi. 

Selain yang sudah disebutkan tadi, masih banyak manfaat berkurban lainnya yang bisa kamu dapatkan. Namun, yang pasti dengan berkurban bukan hanya diri sendiri yang akan mendapatkan manfaat, tapi bersama dengan orang-orang di sekitarmu juga ikut merasakannya.