Jadi Lebih Semangat, Ini 6 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

Selasa, 24 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Jadi Lebih Semangat, Ini 6 Manfaat Mandi Pagi Dengan Air Dingin

Ilustrasi mandi. (Special)

Ladiestory.id - Mandi pada pagi hari dapat membuat tubuh lebih segar serta membangkitkan mood untuk lebih semangat menjalani hari. Namun, tak sedikit orang yang gemar mandi dengan suhu air hangat ataupun suam-suam kuku agar tubuh tidak merasa kedinginan dan merasa menggigil.

Padahal, mandi dengan air dingin pada pagi hari jauh lebih menyehatkan tubuh, lho. Nah, berikut enam manfaat mandi pagi dengan air dingin.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi mandi. (Special)

Ladies, mandi pagi dengan air dingin dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Suhu air dingin juga akan membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh saat mandi.

Hal ini dapat membantu melawan virus dan bakteri penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh. Apabila sel darah putih meningkat, maka imunitas tubuh pun akan bertambah, sehingga dapat mencegah risiko terjadinya penyakit.

Buat Lebih Semangat dan Hilangkan Stres

Ilustrasi mandi. (Special)

Ladies, sensasi air dingin dapat membuat tubuh menjadi bergairah dan bersemangat. Ketika kulit tubuh mengalami kontak dengan air dingin, maka secara tak langsung tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat.

Selain itu, sensasi air dingin juga dapat membantu merangsang otak untuk mengeluarkan zat noradrenalin yang berfungsi untuk menghilangkan rasa stres dan depresi yang muncul. Mandi dengan air dingin pun secara tidak langsung dapat meningkatkan healthy mind dalam diri karena berani mengambil risiko terhadap tantangan menaklukan diri sendiri untuk berani mandi dengan suhu air yang dingin.

Tingkatkan Mood dan Buat Bahagia

Ilustrasi mandi. (Special)

Selain dapat menghilangkan stres, ternyata mandi dengan air dingin setiap pagi dapat membantu meningkatkan mood dan membuat lebih bahagia sepanjang hari. Selain itu, rangsangan air dingin ini dapat membantu menigkatkan energi dari dalam tubuh dan menghilangkan rasa kantuk yang cukup berat setelah semalaman beristirahat.

Kurangi Rasa Nyeri

Ilustrasi mandi. (Special)

Mandi dengan air dingin saat pagi juga dapat meningkatkan kandungan karbondioksida yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri, khususnya di bagian otot dan sendi. Bahkan, mandi pagi dengan air dingin bisa digunakan sebagai obat terapi bagi kamu yang memiliki masalah pada tubuh, terutama akibat nyeri otot dan sendi.

Jaga Keindahan Kulit

Ilustrasi mandi. (Special)

Mandi pada pagi hari dengan air dingin pun dapat menjaga keindahan kulit tubuh, lho. Pasalnya, mandi dengan air dingin dapat membantu melembapkan kulit tubuh, mengencangkan pori-pori, serta mencegah pori-pori kulit tersumbat. Selain itu, jika rutin mandi pagi dengan air dingin akan membantu memperlancar sel aliran darah serta dapat membuat rambut menjadi lebih sehat ketika keramas.

Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi mandi. (Special)

Ladies, siapa sangka jika mandi dengan air dingin di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, air dingin dipercaya ampuh untuk membakar tumpukan lemak jahat dalam tubuh sekaligus sebagai diet alami untuk membantu menurunkan berat badan. Namun, cara ini bukanlah cara instan untuk menurunkan berat badan secara signifikan, Ladies.