Mencium Bunga Bisa Buat Seseorang Jadi Lebih Bahagia, Ini Penjelasan Ahli

Jumat, 16 Februari 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Mencium Bunga Bisa Buat Seseorang Jadi Lebih Bahagia, Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi Perempuan Mencium Bunga. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Mencium aroma bunga ternyata memiliki manfaat bagi seseorang, aroma bunga yang manis mampu untuk membuat kita merasa aman, hangat, dan menjernihkan pikiran. Selain itu, aroma bunga juga telah terbukti mampu meningkatkan suasana hati, dan mengurangi stres.

“Saraf penciuman Anda adalah satu-satunya saraf kranial yang bersentuhan langsung dengan lingkungan luar,” ujar Sarah Villafranco, MD., selaku dokter dan pakar perawatan kulit alami.

“Ujung saraf di dalam hidung bersentuhan dengan udara yang Anda hirup, dan ketika terhubung dengan molekul aroma, ujung saraf tersebut mengaktifkan pesan cepat ke bagian utama otak Anda yang mengontrol hal-hal seperti emosi, memori, dan kesenangan,” lanjutnya.

Ia menjelaskan bahwa sistem penciuman seseorang secara cepat bisa menunjukkan apakah suatu lingkuhan aman atau tidak, dan aroma tertentu mengandung komponen kimia yang menidurkan indra penciuman dan menimbulkan relaksasi.

Ilustrasi Perempuan Mencium Bunga. (Freepik.com)

 

Melansir Mind Body Green, berdasarkan penelitian pada tahun 2022, ditemukan bahwa perbedaan tingkat perhatian dan keadaan emosional orang dewasa selama sesi merangkai bunga. Stimulasi penciuman dari wewangian bunga potong, menurut teori para peneliti, merangsang aktivitas gelombang otak di korteks prefrontal.

Sementara itu, berdasarkan penelitian dari American Society for Horticultural Science, menemukan bahwa paparan wewangian bunga bisa mengaktifkan sistem saraf simpatik dan wilayah otak yang terkait dengan gerakan, ucapan, dan memori.

Lebih lanjut, seorang ahli saraf, Tara Swart Bieber, MD., Ph.D., mengungkapkan bahwa aroma bunga dapat membangkitkan kenangan akan jalan-jalan di alam dan ruang hijau, yang dapat meningkatkan aktivitas otak bahkan tanpa harus menginjakkan kaki di luar ruangan.

“Bunga sangat mengingatkan kita pada alam. Ini dapat merangsang kenangan musim semi dan musim panas serta mengingatkan kita bahwa siklus alam itu penting,” terang Swart.