Dengarkan Lagu di Pagi Hari Ternyata Punya Banyak Manfaat, Yuk Simak!

Jumat, 16 Februari 2024 | 00:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Dengarkan Lagu Di Pagi Hari Ternyata Punya Banyak Manfaat, Yuk Simak!

Ilustrasi Dengarkan Musik di Pagi Hari. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Pernah kah kamu mendengar pernyataam bahwa utinitas di pagi hari saat membuka mata menjadi penentu suasana hatimu dalam satu hari penuh? Hal itu benar adanya.

Rutinitas pagi setiap orang tentu berbeda-beda, ada yang memulai hari dengan meminum kopi atau memeriksa email tentang tugas kerjaan di hari itu. Namun, menambahkan selingan dengan mendengarkan musik dalam kegiatan tersebut memiliki beragam manfaat bagi tubuh, pikiran, dan jiwa.

Dilansir dari Times of India ini lah manfaat baik dari mendengarkan musik di pagi hari sebagai rutinitasmu.

Tingkatkan Suasana Hati

Ilustrasi Dengarkan Musik di Pagi Hari. (Freepik.com)

Penelitian telah menunjukkan pengaruh kuat musik terhadap pengendalian suasana hati. Kamu dapat meningkatkan suasana hati dan mengembangkan pandangan positif untuk hari ini dengan mendengarkan musik yang ceria atau menenangkan di pagi hari.

Musik dapat membangkitkan semangatmu dan menghilangkan kesedihan di pagi hari, baik itu musik instrumental yang menenangkan atau salah satu lagu energik favoritmu.

Kurangi Stres

Ilustrasi Dengarkan Musik di Pagi Hari. (Freepik.com)

Selain meningkatkan suasana hati, musik memiliki efek menenangkan yang juga mengurangi stres. Hormon stres kortisol dapat diturunkan dan suasana pikiran rileks dapat diwujudkan dengan mendengarkan musik yang menenangkan.

Istirahat menyenangkan dari kesibukan sehari-hari bisa didapatkan dengan mengawali hari dengan musik yang menenangkan, yang akan membantumu menghadapi hari dengan lebih tenang dan damai.

Tingkatkan Fokus dan Produktivitas

Ilustrasi Dengarkan Musik di Pagi Hari. (Freepik.com)

Telah ditemukan bahwa musik meningkatkan fungsi kognitif, fokus, dan konsentrasi. Kamu dapat meningkatkan produktivitas dan ketajaman mental dengan memainkan musik instrumental atau suara-suara menenangkan sekitar saat kamu menjalani ritual pagi.

Musik yang tepat dapat membantumu tetap fokus dan terlibat dalam tugas-tugas penting seperti bersiap berangkat kerja, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitasmu sepanjang hari.

Tingkatkan Energi

Ilustrasi Dengarkan Musik di Pagi Hari. (Freepik.com)

Secara alami kamu mungkin merasa lebih berenergi dan bersemangat dengan mendengarkan musik yang ceria dan mengasyikkan. Memutar musik upbeat di pagi hari dapat meningkatkan detak jantung, mempercepat metabolisme, dan melepaskan neurotransmiter yang membuatmu merasa nyaman seperti dopamin.

Karya musik yang memacu semangat atau lagu pop yang menarik mungkin membuatmu merasa lebih penuh perhatian, bersemangat, dan siap menghadapi tantangan hari ini.

Berikan Inspirasi dan Kreativitas

Ilustrasi Dengarkan Musik di Pagi Hari. (Freepik.com)

Telah lama diketahui bahwa musik dapat memicu kreativitas dan inspirasi. Kamu dapat mendorong kreativitas dan memicu imajinasimu di pagi hari dengan memaparkan dirimu pada berbagai genre dan gaya musik.

Baik kamu seorang penulis, artis, atau pemilik bisnis, mendengarkan musik di pagi hari dapat merangsang kreativitas, menghasilkan ide-ide baru, dan mendorong inovasi.