Manfaat Mengonsumsi Yogurt Untuk Kesehatan

Senin, 4 Januari 2021 | 13:56:04

LS Health

Penulis : LS Health

Manfaat Mengonsumsi Yogurt Untuk Kesehatan

Yoghurt dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri asam laktat pada temperatur yang dikontrol, disesuaikan dengan suhu optimum pertumbuhan bakteri. Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Keasaman meningkat menyebabkan protein susu mengalami denaturasi menghasilkan tekstur padat pada yoghurt. Keasaman meningkat (pH=4-5) juga menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial. Di Amerika Serikat, untuk dinamai yoghurt, produk harus berisi bakteri Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus.

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, ternyata yogurt juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh serta kecantikan wajah. Sebagai penutup mulut atau pelengkap susu dan buah-buahan, coba konsumsi yogurt secara rutin. Berikut manfaat yogurt yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh:

  • Yogurt yang mengandung Lactobacillus acidophilus dan bifidobacterium mampu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus
  • Kandungan probiotik dalam yogurt dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati
  • Coba Greek yogurt yang mengandung protein paling tinggi yaitu sekitar 15-20 gram protein setiap 6 ons yogurt
  • Vitamin D yang ada dalam yogurt efektif membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik
  • Mengonsumsi yogurt bisa menjadi opsi yang tepat untuk camilan sehat bagi yang menjalankan diet sehat karena rendah kalori
  • Yogurt dengan kandungan probiotiknya juga bisa menghilangkan bau mulut
  • Nutrisi dalam yogurt bisa meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih mampu melawan penyakit
  • Kandungan lactic acid dan natural alpha hydroxy acid dalam yogurt dapat membantu melembapkan serta mencerahkan kulit
  • Yogurt yang kaya vitamin B5 dan B12 dapat menyamarkan garis halus dan bintik hitam

Buat kamu para pecinta yogurt, kamu pasti sudah tidak asing dengan beberapa merk yogurt terbaik, seperti Cimory, KIN, Heavenly Blush, Greenfields, Yoforia dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan, semua merk yogurt tersebut adalah merk terbaik, yang menawarkan cita rasa lezat dan tekstur yang unik.Maka dari itu, melihat banyaknya kegunaan dari yogurt, kini para produsen menghadirkan banyak varian rasa yogurt dari merk yogurt terbaik, yang lezat dan cocok dikonsumsi oleh semua usia, baik anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

Yogurt bisa kamu santap langsung atau bisa juga dijadikan campuran salad buah. Untuk konsumsi harian, coba yogurt dengan kadar gula rendah serta tanpa pemanis buatan. Jadi, kamu pun bisa lebih sehat dan berat badan turun karena tidak mengonsumsi kadar gula berlebih. 

Sumber Foto Utama: Freepik.com