6 Manfaat Menyimpan Bunga Segar di Dalam Ruangan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Menyimpan Bunga Segar Di Dalam Ruangan

Ilustrasi menyimpan bunga dalam ruang. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, apakah kamu memiliki kegemaran maupun hobi merawat tanaman? Rupanya, hobi tersebut dapat memberi manfaat tersendiri bagi tubuh, salah satunya dapat menghilangkan stres.

Tanaman maupun bunga tidak hanya diletakkan di luar ruangan saja. Beberapa orang suka menyimpan tanaman hias atau bunga segar di dalam ruangan. Selain mempercantik ruangan, rupanya menyimpan bunga segar dalam ruangan memiliki beragam manfaat tak terduga. Apa saja ? Yuk simak ulasan berikut!

Tingkatkan Suasana Hati

Ilustrasi menyimpan bunga dalam ruang. (Special)

Mencium wangi bunga dapat membantu meningkatkan suasana hati, lho. Aroma semerbak bunga juga dapat meningkatan energi dalam tubuh serta membuat pikiranmu menjadi lebih positif dan semangat sebelum menjalankan aktivitas. Energi positif ini bisa kamu bawa hingga ke tempatmu beraktivitas, seperti kantor atau kampus.

Tingkatkan Daya Pikir

Ilustrasi menyimpan bunga dalam ruang. (Special)

Rupanya, menyimpan bunga segar di dalam ruangan dapat membantu meningkatkan daya pikir, lho. Menurut penelitian, tanaman hidup dapat meningkatkan sugesti, serta memberikan efek positif secara psikologi maupun fisiologis.

Bahkan, memandang segarnya bunga dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang. Hal ini dapat membantu seseorang untuk meningkatkan daya pikirnya. Selain itu, menyimpan bunga segar di dalam ruangan atau di atas meja kerja dapat membantu meningkatkan kreativitas dan produktivitas kerja.

Kurangi Stres

Ilustrasi menyimpan bunga dalam ruang. (Special)

Kamu mungkin setuju jika melihat indahnya bunga dapat mengurangi rasa stres. Pasalnya, selain menyimpan tanaman hijau di dalam ruangan, menyimpan bunga segar pun dapat mengurangi rasa stres secara signifikan.

Tak hanya itu, bunga juga dapat memberikan rasa bahagia, menghilangkan rasa depresi, bahkan rasa panik yang sedang kamu alami. Nah, kamu bisa menyimpan bunga segar sesuai dengan seleramu atau dengan memberikan sentuhan warna-warni dalam ruangan agar terlihat lebih indah dan menawan.

Bersihkan Udara

Ilustrasi tanaman bunga. (Special)

Tak hanya memberikan aroma yang harum dan menyegarkan, menyimpan bunga segar di dalam ruangan juga dapat mebersihkan kadar udara. Menurut studi penelitian dari University of North Floridabunga-bunga segar, seperti lily, gerbera, maupun bromelia merupakan jenis bunga yang dapat membuang zat racun yang berbahaya di udara.

Bunga-bunga segar itu juga disebut memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dalam jumlah yang besar. Selain itu, bunga terebut juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga tidurmu dapat lebih nyenyak dan nyaman.

Sebagai Alat Terapi Kesehatan

Ilustrasi menyimpan bunga dalam ruang. (Special)

Tanpa disadari, keberadaan bunga segar di dalam ruangan dapat membantu sebagi alat terapi kesehatan. Pasalnya, bunga-bunga ini dapat membantu menyembuhkan rasa cemas yang berlebihan, depresi, dan penderita demensia, sehingga dapat membuat mereka jauh lebih tenang serta rileks. Bagi para pasien yang ada di rumah sakit, keberadaan bunga di dalam ruangan juga dapat memberikan energi yang positif dan membuat energi mereka cepat pulih.

Berikan Aroma Alami

Ilustrasi menyimpan bunga dalam ruang. (Special)

Manfaat selanjutnya dari menyimpan bunga segar di dalam ruangan ialah dapat memberikan aroma ruangan secara alami. Bunga-bunga yang memiliki aroma wangi semerbak dapat membuat aromaterapi alami, sehingga kamu tak perlu lagi memasang pengharum ruangan. Wangi yang dihasilkan dari bunga-bunga segar ini pun dapat membautmu menjadi lebih rileks dan pikiranpun menjadi lebih segar.