6 Manfaat Musik untuk Pertumbuhan Bayi dan Anak

Sabtu, 6 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Manfaat Musik Untuk Pertumbuhan Bayi Dan Anak

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Musik memang dapat membuat tenang, bukan hanya bagi orang dewasa begitu pula buat bayi dan anak-anak. Dengan musik bisa meningkatkan semangat mereka, menenangkan hingga mampu membuat mereka tertidur. 

Tetapi tahukah Anda manfaat musik bagi pertumbuhan Si Kecil bukan hanya sebatas itu, musik juga mampu membuat otak anak lebih berkembang. Terlebih lagi biasanya bayi dan anak-anak memang menyukai musik.

Manfaat Musik untuk Pertumbuhan Bayi dan Anak

Inilah beberapa manfaat yang akan dirasakan buah hati Anda dari musik.

1. Mengembangkan Keterampilan Fisik

Foto: Ladiestory.id

Musik yang dimainkan dengan instrumen tertentu seperti perkusi, bisa membantu merangsang anak mengembangkan koordinasi serta keterampilan motorik. Mereka membutuhkan gerakan kaki, tangan, dan lengan. Jenis instrumen yang satu ini baik untuk anak-anak dengan energi tinggi.

2. Merangsang Indera Pendengaran

Musik dinikmati lewat indera pendengaran, maka secara otomatis musik akan merangsang indera pendengaran Si Kecil. Bayi yang mendengar musik pasti akan mencari asal suara, mengarahkan pandangannya ke arah datangnya suara. 

Dengan begitu musik dapat memberitahukan bagaimana kondisi pendengaran bayi. Sehingga bila kemungkinan ada gangguan pendengaran bisa terdeteksi sejak dini.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Musik maupun nada terbukti lebih mudah diserap otak dibandingkan dengan peristiwa atau suara lain. Tidak hanya dapat membangkitkan memori pada masa lalu, tapi juga pengalaman subjektif hingga perasaan saat mendengarkan musik tersebut di masa lalu. 

Dengan begitu artinya musik bermanfaat untuk menstimulasi ingatan, bahkan dapat mengembalikan memori serta perasaan yang dialami pada masa lalu.

4. Memberikan Rasa Nyaman

Foto: Ladiestory.id

Musik mampu memberikan rasa nyaman jika dimainkan pada tempo yang tepat. Anda dapat memberikan rasa nyaman pada anak dengan cara mendengarkan musik ketika menjelang tidur atau saat anak sedang tantrum

Pilihlah musik dengan ritme sama seperti detak jantung dengan tempo adagio, moderato, atau andante. Musik dengan tempo seirama detak jantung akan membantu mengontrol emosi anak.

5. Mengembangkan Karakter dan Keterampilan Sosial

Saat anak memainkan alat musik atau ia terlibat dalam aktivitas bermusik, ia akan berinteraksi dengan orang dan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, keterampilan sosial dapat terasah melalui koordinasi dan kerja sama untuk menghasilkan harmoni yang indah.

Tak hanya itu, musik juga akan mengasah pengendalian diri, kesabaran, dan ketekunan, sebab anak harus konsisten dan bekerja keras untuk mendapatkan reward yang konkret. Sifat-sifat tersebut tentunya penting untuk dimiliki anak saat dewasa kelak. 

6. Memberikan Efek Hipnotik

Foto: Ladiestory.id

Musik dapat membuat terbuai, musik juga dapat memberikan efek hipnotis yang positif. Karena itulah, anak yang diperdengarkan musik sejak dini dapat mengikuti irama nada dan akan terbuai dalam alunan nada, sehingga mampu memberikan rasa nyaman serta dapat mengontrol emosi.

Itulah 6 manfaat musik untuk bayi dan anak. Semoga bermanfaat.