Jarang Diketahui 6 Manfaat Olahraga Anggar, Ada di Drama "Twenty Five Twenty One"

Selasa, 15 Maret 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Jarang Diketahui 6 Manfaat Olahraga Anggar, Ada Di Drama "Twenty Five Twenty One"

Manfaat Anggar (Special)

Ladiestory.id - Olahraga anggar kini banyak dicari dan dilirik sebab menjadi obyek utama dalam drama terbaru "Twenty Five Twenty One". Memang olahraga menggunakan pedang ini tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Olahraga anggar merupakan olahraga ketangkasan yang menampilkan seni keterampilan dan kelincahan tangan. Olahraga ini membutuhkan keberanian sebab menggunakan alat berupa stik besi kecil panjang seperti pedang.

Para pemain anggar pun menggunakan pakaian putih khusus yang pelindung dari muka. Jadi, meskipun terlihat berbahaya sejatinya olahraga ini sangat aman dilakukan.

Anggar merupakan salah satu olahraga mahal. Oleh sebab itu, anggar tidak populer di Indonesia bahkan tidak memiliki wadah untuk olahraga ini. 

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat Anggar (Special)

Siapa sangka, olahraga yang satu ini bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Bahkan dibutuhkan keberanian yang tinggi untuk melakukan olahraga ini.

Sebab di dalam olahraga anggar ada "menyerang" dan "bertahan" yang membutuhkan keberanian. Orang yang berolahraga anggar pun membutuhkan strategi agar bisa menyerang dan bertahan ketika bertanding.

Oleh sebab itu, jika seorang anak sudah berolahraga anggar sedari kecil, sama saja sedang melatih kemampuan otak. Sebab kecepatan dan ketepatan dalam bermain anggar juga dibutuhkan.

Bakar Kalori

Manfaat Anggar (Special)

Jika Kamu menyaksikan drama "Twenty Five Twenty One", olahraga ini hanya terkesan maju mundur dan menusuk dengan pedang. Namun rupanya olahraga yang satu ini termasuk olahraga yang membantu untuk membakar kalori.

Memang, anggar tidak membutuhkan gerakan fisik ekstrim seperti basket, voli, ataupun olahraga lainnya. Namun rupanya, anggar mampu membantu membakar sebanyak 400 kalori dalam waktu 60 menit.

Mencegah Obesitas

Manfaat Anggar (Special)

Tubuh ideal menjadi idaman bagi semua orang. Ya, bagi Kamu yang tidak ingin gendut sepertinya olahraga anggar patut dicoba. Apalagi jika Kamu bosan hanya berolahraga seperti squat saja.

Anggar mampu menjadi alternatif untk menurunkan berat badan bahkan terhindar dari obesitas. Sebab olahraga satu ini memaksa kita untuk bergerak secara aktif.

Terlebih sudah dituliskan pada poin sebelumnya jika olahraga angga mampu membakar 400 kalori dalam 1 jam.

Melatih Kesehatan Mental

Manfaat Anggar (Special)

Tak hanya kesehatan fisik, akhir-akhir ini kesehatan mental banyak diperbincangkan. Sebab banyak orang-orang yang tidak sadar jika sebenarnya mentalnya sedang tidak baik-baik saja.

Oleh sebab itu, untuk melatih kesehatan mental kita dapat mencoba olahraga anggar. Dalam melakukan anggar, kita dipaksa untuk berfikir secara logika dan menyusun strategi. Bahkan anggar sering disebut sebagai catur fisik.

Nah inilah yang membantu untuk meningkatkan kemampuan strategis dan analisis. Sebab akan penuh perhitungan hingga improvisasi gerakan dalam menyerang maupun bertahan.

Berlatih Sopan Santun

Manfaat Anggar (Special)

Ya, manfaat yang tidak didapat dalam olahraga lain adalah sopan santun. Anggar juga memiliki aturan sama seperti olahraga lain.

Namun dalam bermain anggar kita harus bisa menghormati lawan. Disamping itu, kita juga harus terus memainkan pedang untuk melawan dan bertahan.

Hal ini menjadi kode kehormatan kuno yang harus dipatuhi. Bahkan harus dilakukan oleh kedua orang yang sedang dalam lapangan anggar.

Menghindari Nyeri Sendi

Manfaat Anggar (Special)

Olahraga memang membuat tubuh menjadi lebih sehat, termasuk olahraga anggar ini. Sebab olahraga yang dilakukan oleh Na Hee Do dan Kim Yu Ri ini juga dapat menghindari nyeri sendi.

Lihat saja, olahraga anggar ini banyak melibatkan bagian persendian. Seperti pergelangan kaki dan tangan yang selalu bergerak aktif.

Nah, jika persendian ini selalu bergerak dengan aktif, maka sendi-sendi akan terhindar dari kekauan. Bahkan olahraga anggar dapat membantu tubuh agar terhindar dari cedera saat melakukan gerakan aerobik tertentu.