6 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Tanda Penuaan

Selasa, 8 November 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

6 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Tanda Penuaan

Ilustrasi pepaya. (Special)

Ladiestory.id - Pepaya merupakan salah satu buah yang populer di masyarakat. Buah yang memiliki biji banyak dan daging buah berwarna oranye ini memiliki berbagai macam jenis, seperti pepaya california, pepaya hawai, hingga pepaya bangkok. Akan tetapi, pepaya california paling populer dan banyak dikonsumsi. 

Pepaya california sendiri memiliki citra rasa dan tekstur daging buah yang berbeda. Citra rasanya yang manis dan daging buahnya yang kenyal dan tebal mampu membuat pepaya ini menjadi favorit banyak orang.

Bicara mengenai buah yang satu ini, tidak lengkap bila tidak membicarakan tentang manfaatnya. Biasanya, pepaya sering digunakan sebagai bahan untuk mengatasi sembelit dan masalah pencernaan. Akan tetapi, ada banyak manfaat dan khasiat lain dari buah pepaya ini.

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut Ladiestory.id merangkum beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh. Simak, ya!

Turunkan Kolesterol

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Pepaya mengandung berbagai macam nutrisi di dalamnya. Buah yang satu ini kaya akan vitamin C, antioksidan, dan juga serat.

Dengan mengonsumsi pepaya, maka dapat mencegah penumpukan kolesterol pada arteri. Pasalnya, penumpukan kolesterol dapat mengakibatkan serangan jantung.

Selain itu, ekstrak buah pepaya sendiri berpotensi mengurangi lipid dan trigliserida dalam tubuh.

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi timbangan. (Special)

Ternyata satu buah pepaya yang berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori. Dengan demikian, pepaya bisa menjadi salah satu buah yang membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, pepaya sendiri mengandung lebih banyak serat daripada Karbohidrat. Sehingga, bisa tetap mengenyangkan perut dan aman untuk berat badan. Jadi, kalau kamu sedang menjalani proses diet, buah yang satu ini bisa kamu konsumsi.

Aman Dikonsumsi bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi tes gula darah. (Special)

Meskipun memiliki citra rasa yang manis dan segar, pepaya ini mengandung gula yang rendah. Kandungan gula yang biasanya terkandung dalam pepaya hanya sebanyak 8,3 gram dalam satu cangkir irisan pepaya serta indeks glikemik yang rendah. Dengan begitu, pepaya menjadi buah yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. 

Baik untuk Kesehatan Mata

Ilustrasi kesehatan mata. (Special)

Pepaya ternyata juga kaya akan vitamin A dan flavonoid. Sehingga, membantu menjaga selaput lendir di mata tetap sehat, serta mencegahnya dari kerusakan. Kemudian, vitamin A yang terkandung di dalamnya juga bisa mencegah perkembangan degenerasi makula terkait usia.

Bahkan, kandungan karotenoid, pigmen alami yang memiliki efek antioksidan, yang ada dalam pepaya juga lebih tinggi daripada sayuran atau buah yang mengandung vitamin A.

Bantu Ringankan Nyeri Haid

Ilustrasi nyeri haid. (Special)

Bagi kaum hawa, rasa nyeri pada perut ketika datang bulan pasti sangat menyiksa. Banyak cara dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, mulai dari mengonsumsi makanan, minuman, hingga obat-obatan tertentu.

Jika kamu sedang mengalami nyeri haid, kamu bisa mengonsumsi beberapa porsi pepaya. Karena, enzim yang disebut papain di dalam pepaya dapat membantu mengatur dan mengurangi aliran darah selama periode menstruasi. Sehingga, hal itu akan membantu mengurangi rasa nyeri saat haid.

Cegah Tanda-Tanda Penuaan

Ilustrasi tanda penuaan. (Special)

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, pepaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Buah yang satu ini memiliki manfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan.

Dengan melakukan kebiasaan sehat setiap hari dan disertai makan pepaya, maka akan membantumu mencegah penuaan. Selain itu, pepaya juga bisa membantu mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan tanda-tanda penuaan dini. Bahkan, pepaya juga efektif untuk menjaga kesehatan rambut.