Tak Hanya Eksis, Ini 5 Manfaat Psikologis dari Mengabadikan Foto

Sabtu, 21 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Tak Hanya Eksis, Ini 5 Manfaat Psikologis Dari Mengabadikan Foto

Ilustrasi selfie. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, tentunya kamu sering mengabadikan momen-momen seru yang tak terlupakan saat sedang berpergian ke suatu daerah atau tempat tertentu yang indah, baik itu dengan mengabadikan momen foto untuk selfie atau berfoto bersama teman dan keluarga.

Tak hanya itu, supaya momen indahmu tidak terlewatkan, maka kamu pun akan mengunggahnya ke media sosial pribadimu. Selain untuk eksis, ternyata mengabadikan momen foto memiliki lima manfaat psikologis tak terduga seperti berikut ini, lho.

Atasi Kesehatan Mental

Ilustrasi Pemandangan Alam (Special)

Ladies, manfaat psikologis dari berfoto ini dapat mengatasi kesehatan mental, lho. Apalagi bagi kamu yang sering merasa khawatir dan kecemasan. Dengan mengabadikan foto dan memotret pemandangan alam, hal itu dapat membuat  jiwa dan pikiranmu merasa lebih tentram dan tenang.

Sehingga, secara tidak langsung hal ini dapat membuat perasaanmu menjadi lebih bahagia dan dapat mengurangi perasaan cemas serta stres berlebihan. Jika kamu fokus untuk melihat dan mengabadikan keindahan alam, pikiranmu pun akan jauh lebih rileks.

Hargai Setiap Momen

Ilustrasi main hp. (Special)

Apakah kamu sedang dilanda banyak pekerjaan dan aktivitas yang begitu padat? Bahkan hal ini membuatmu lupa kapan terakhir kali kamu memiliki waktu untuk me time atau bersenang-senang dengan sahabat, keluarga, dan orang terkasih. Oleh sebab itu, mengabadikan momen lewat sebuah foto dapat membuatmu mengingat sebuah kenangan atau momen kebersamaan.

Bahkan, melihat foto-foto lama di galeri ponselmu juga dapat membantumu bernostalgia kembali ke masa lalu yang indah. Di satu sisi, mungkin kamu bisa merasakan kesedihan karena kurangnya waktu berharga untuk bisa berkumpul bersama.

Namun, di sisi lainnya kamu bisa menghargai setiap momen dalam hidupmu baik yang sudah terjadi maupun yang akan datang. Dengan demikian, foto-foto tersebut akan menjadi sejarah terindah yang patut kamu syukuri dalam hidupmu.

Kembali Bangkitkan Semangat

Ilustrasi Pernikahan. (Special)

Ladies, tentunya kamu memiliki album foto yang sangat berharga, dan ketika melihatnya kembali, kamu terasa larut dalam emosi dan semangat melalui sebuah momen foto yang telah diabadikan. Misalnya, momen-momen saat kamu menjuarai sebuah kompetisi, momen foto wisuda, hingga foto-foto pernikahan saudara atau foto pernikahan dirimu bersama pasangan. 

Saat melihat kembali foto-foto tersebut, kamu akan dibuat kembali bersemangat mengenang perjuangan yang telah kamu lakukan. Sehingga, hal ini pun bisa kembali membangkitkan semangatmu untuk mengabadikan momen berharga selanjutnya, agar menjadi memori yang tak terlupakan.

Bantu Mengingat Memori

Ilustrasi berpikir. (Special)

Selain dapat bernostalgia untuk kembali mengingat momen-momen berharga yang telah kamu lalui dalam hidup dengan mengabadikan sebuah foto, dengan adanya momen-momen indah dan berharga melalui sebuah foto, kamu pun akan kembali membangkitkan kenangan positif yang bisa membuat perasaan dirimu menjadi lebih baik.

Walaupun kamu tidak bisa mengingat sepenuhnya momen foto tersebut dikarenakan adanya kapasitas memori yang terbatas dalam otak manusia, baik dari segi usia maupun kesehatan, dengan melihat kembali foto-foto yang telah diabadikan sebelumnya dapat memberikan kebahagiaan tersendiri bagi dirimu.

Tunjukan Karakter dan Kepribadian Seseorang

Ilustrasi perempuan percaya diri. (Special)

Dengan berswafoto dan mengunggahnya ke platform media sosial, tentu dapat menunjukkan karakter dan kepribadian pada diri seseorang, lho. Secara psikologis, seseorang yang gemar mengunggah foto selfie adalah mereka yang cenderung memiliki rasa percaya diri tinggi.

Sedangkan, seseorang yang senang mengabadikan foto menggunakan filter, mereka memiliki kepribadian yang kurang percaya diri. Semenatara itu, seseorang yang senang mengabadikan momen keindahan alam, mereka memiliki jiwa sosial tinggi dan memiliki sifat yang ramah.