Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | MANFAAT SUSU KURMA YANG COCOK DI JADIKAN MENU BERBUKA PUASA

Manfaat Susu Kurma Yang Cocok Di Jadikan Menu Berbuka Puasa

LS Health
Penulis: LS Health
Jum'at, 16 April 2021 | 10:59:26
Durasi baca: 1 menit, 54 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Manfaat Susu Kurma Yang Cocok Di Jadikan Menu Berbuka Puasa

Sudah bukan rahasia umum lagi makan kurma sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama ketika dikonsumsi setiap hari. Sementara itu, susu pun mengandung khasiat yang sama. Bayangkan, ketika susu dan kurma diolah, apakah khasiatnya akan bertambah atau justru tidak ada sama sekali?

Susu kurma adalah olahan buah kurma yang menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi buah kurma mengandung karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan kalium. Sementara itu, susu kaya akan lemak, protein, dan segudang vitamin lainnya, seperti vitamin A, B6, dan D.

Dengan campuran nutrisi dan vitamin yang ada pada keduanya, ini khasiat yang ditawarkan oleh susu kurma.

Baca juga: Menu Lebaran Favorit Masyarakat Indonesia

Melancarkan Pencernaan Karena Kandungnya Seratnya

Mendapatkan serat yang cukup, penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit. Serat dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat dapat memperlambat pencernaan dan membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan. Untuk alasan ini, kurma memiliki indeks glikemik (GI) rendah, yang mengukur seberapa cepat gula darah naik setelah makan makanan tertentu.

Meningkatkan Fungsi Otak

Mengonsumsi susu kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Penelitian pada hewan menunjukkan kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak. Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antar sel otak yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.

Penangkal Penyakit

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko beberapa penyakit. Antioksidan melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil dan dapat menyebabkan reaksi berbahaya di tubuh. Dibandingkan dengan jenis buah serupa, seperti buah ara dan plum kering, kurma memiliki kandungan antioksidan tertinggi.

Membantu Meringankan Sembelit

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat susu kurma lainnya adalah membantu meringankan sembelit. Bagaimana bisa? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurma kaya akan serat. Apabila kamu mengalami sembelit, salah satu cara mengatasinya adalah makan makanan berserat. Pasalnya, serat tidak sepenuhnya dapat dicerna, tetapi menahan air saat melewati usus kamu. Lalu, air tersebut akan melunakkan BAB dan membantu meringankan sembelit.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Siapa sangka konsumsi susu kurma ternyata bisa memberikan manfaat untuk kulit yang lebih cerah dan lembut. Menurut penelitian dari Scientific World Journal, kurma mengandung sifat anti penuaan, yaitu phytohormone. Hormon ini dinilai dapat membantu mengurangi efek penuaan yang cukup berpengaruh.

Baca juga: Menu Makan Sahur yang Bikin Kenyang Lebih Lama


Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Manfaat Susu Kurma Susu Kurma Khasiat Susu Kurma Dates Milk

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health