Masuk Kehamilan Dua Bulan, Wajib Konsumsi 6 Buah Ini!

Saturday, 17 Jul | 14:35:33

LS Health

Penulis : LS Health

Masuk Kehamilan Dua Bulan, Wajib Konsumsi 6 Buah Ini!

Foto: Pixabay/MarjonBesteman

Masa kehamilan adalah sesuatu yang perlu diperhatikan. Selain itu, Buah menjadi nutrisi yang bagus untuk kehamilan. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya ada  vitamin, serat, dan asam folat.

Dalam jurnal dari Mom Junction, ketika memasuki kehamilan dua bulan ada beberapa gejala umum yang dialami sang ibu, contohnya morning sickness, asupan cairan dan keinginan buang air kecil yang mengalami peningkatan, perubahan suasana hati secara cepat, rasa mengidam dan berbagai masalah lain seperti sembelit, mulas, sakit kepala dan pusing.

Foto: Website/hallobunda

Salah satu nutrisi vitamin yang didapatkan adalah vitamin C. Kandungan vitamin ini baik untuk perkembangan gigi dan tulang pada bayi.

Selain itu, fiber berperan untuk meringankan sembelit ketika masa kehamilan. Manfaat dari asam folat berfungsi untuk mencegah cacat pada saraf bayi serta memperlancar pembentukan darah.

Selama bulan ke-2 kehamilan, nutrisi menjadi sesuatu yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Di fase ini, janin mulai berkembang  dengan pesat, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan secara cukup. 

Buah-buahan yang Cocok untuk Usia Kehamilan Dua Bulan

1. Jeruk

Buah yang mampu menjaga si ibu selalu terhidrasi dan sehat. Kandungan dari buah jeruk terdapat sumber folat, vitamin C dan air.

Selain itu, Vitamin C berfungsi untuk mencegah kerusakan sel serta memperlancar penyerapan zat besi. Pada bayi, folat dapat mencegah cacat saraf, kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

Foto: Pixabay/pixel2013

2. Pir

Kandungan nutrisi seperti serat, kalium dan folat membantu untuk meringankan gejala sembelit pada ibu hamil. Tidak hanya itu,  Kalium baik untuk kesehatan jantung ibu dan bayi, serta juga dapat merangsang regenerasi sel.

3. Pisang

Buah yang mudah ditemukan adalah Pisang. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, kalium, vitamin B-6 dan serat.

Manfaat dari kandungan serat pisang yang tinggi mampu mengatasi sembelit ketika memasuki masa kehamilan.

Sedangkan vitamin B-6 berperan dalam meringankan rasa mual dan muntah ketika awal kehamilan.

Foto: Pixabay/thedigigatlartist

4. Apel

Pertumbuhan janin dapat dibantu dengan rutin mengkonsumsi Apel. Selain itu, nutrisi yang terdapat pada apel adalah vitamin A dan C, serat serta kalium.

Dalam sebuah studi ditemukan jika makan apel ketika hamil mampu mengurangi kemungkinan bayi mengalami penyakit asma dan alergi.

5. Alpukat

Alpukat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, E dan K, asam lemak tak jenuh dan serat.

Secara tidak langsung, kandungan lemak sehat pada Alpukat menyediakan energi sehingga dapat  mencegah cacat pada tabung saraf, peningkatan  sel-sel yang bertanggung jawab dalam membangun kulit dan jaringan otak bayi ketika dalam proses berkembang.

6. Kiwi

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah kiwi berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh, melindungi tubuh dari radikal bebas, alergi, sumber energi dan mengurangi kelelahan.

Kiwi mampu meningkatkan fungsi otak pada janin di kandungan. Bonus lainnya dari buah kiwi adalah vitamin K, vitamin E, kalium, serat, kolin, magnesium serta fosfor.

Berita Terkait