Mekanisme dan Link Daftar Vaksin untuk Lansia

Sabtu, 6 November 2021 | 15:58:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Mekanisme Dan Link Daftar Vaksin Untuk Lansia

Foto: Media Indonesia

Ladiestory.id - Pemerintah sudah mulai menggalakan vaksin untuk segala kalangan bahkan hingga saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah masuk pada tahap 2 dengan target kelompok lanjut usia (usia 60 tahun ke atas) dan pekerja publik.

Sebenarnya, vaksinasi untuk target kelompok ini dimulai dari Jakarta dan ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia. Hanya saja, dalam fase awal diprioritaskan dahulu untuk Jawa dan Bali karena ada lebih dari 65 persen kasus Covid-19 nasional.

Kriteria Penerima Vaksin

Namun perlu diketahui jika Kementerian Kesehatan memperbarui kondisi orang yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 adalah orang dengan tekanan darah 180/110 atau lebih; penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan; hamil; terdapat gejala ISPA, seperti batuk, pilek, sesak napas, dalam 7 hari terakhir.

Selain itu, jika ada anggota keluarga yang kontak erat, suspek, atau terkonfirmasi dalam perawatan karena Covid-19, ada riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak napas, bengkak, dan kemerahan setelah divaksinasi Covid-19 pada vaksin pertama.

Tidak hanya itu, orang yang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, penderita penyakit Autoimun Sistemik (SLE/Lupus, Sjogren, vaskulitis) akut Menderita penyakit Reumatik Autoimun atau Rhematoid Arthritis akut.

Mekanime dan Prosedur Vaksinasi untuk Lansia

Foto: halodoc

Hingga saat ini, fasilitas kesehatan masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah memiliki mekanisme yang sama, yaitu peserta mendaftar melalui situs resmi Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id dan sehatnegeriku.kemkes.go.id, dan situs resmi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid19.go.id.

Di ketiga situs resmi menyediakan link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. 

Link pendaftaran berisi sejumlah pertanyaan yang harus diisi. Untuk mempermudah, dalam mengisi data peserta lanjut usia dapat meminta bantuan anggota keluarga lain atau melalui kepala RT atau RW setempat.

Ketika sudah mengisi data di website, maka seluruh data peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan provinsi. Selanjutnya, Dinas Kesehatan menentukan jadwal dari hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Foto: klikdokter

Berikut beberapa link untuk mendaftar vaksin untuk lansia:

DKI Jakarta: dki.kemkes.go.id
Serang: serang.kemkes.go.id
Bandung: bandung.kemkes.go.id
Surabaya: surabaya.kemkes.go.id
Yogyakarta: yogyakarta.kemkes.go.id
Banda Aceh: bandaaceh.kemkes.go.id
Pangkal Pinang: pangkalpinang.kemkes.go.id
Bengkulu: bengkulu.kemkes.go.id
Gorontalo: gorontalo.kemkes.go.id
Jambi: jambi.kemkes.go.id
Pontianak:pontianak.kemkes.go.id
Banjarmasin:banjarmasin.kemkes.go.id
Palangkaraya: palangkaraya.kemkes.go.id
Samarinda: samarinda.kemkes.go.id
Tanjung Selor: tanjungselor.kemkes.go.id
Tanjung Pinang: tanjungpinang.kemkes.go.id
Bandar Lampung: lampung.kemkes.go.id
Ambon: kotaambon.kemkes.go.id
Ternate: ternate.kemkes.go.id
Mataram: mataram.kemkes.go.id
Kupang: kupang.kemkes.go.id
Manokwari: manokwari.kemkes.go.id
Jayapura:jayapura.kemkes.go.id
Pekanbaru: pekanbaru.kemkes.go.id
Mamuju: mamuju.kemkes.go.id
Makassar: makassakemkes.go.id
Palu: palu.kemkes.go.id
Kendari: kendari.kemkes.go.id
Manado: manado.kemkes.go.id
Padang: padang.kemkes.go.id
Palembang: palembang/kemkes.go.id
Medan: medan.kemkes.go.id

Tautan yang beredar lewat WhatsApp sebelumnya sudah tidak dapat dipergunakan lagi sehingga peserta yang sudah mengisi tautan sebelumnya, kami pastikan data peserta dijamin aman, sehingga tidak perlu mengisi ulang kembali.