Memahami Perbedaan Fine Jewellery dan Fashion Jewellery

Kamis, 2 September 2021 | 16:29:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Memahami Perbedaan Fine Jewellery dan Fashion Jewellery

Foto: Cincin Tunangan Riviera Ring - Frank & co

Mungkin kamu sudah pernah mendengar istilah “fine jewellery” dan “fashion jewellery” sebelumnya. Tapi, tahukah kamu apa perbedaannya? Banyak yang bertanya, kenapa harus ada sebutan “fine jewellery”, kalau perhiasan wanita itu sendiri, adalah bagian dari fashion. Jadi, bukankah semuanya bisa disebut sebagai “fashion jewellery” saja? Jawabannya tentu saja tidak. Karena memang ada perbedaan mendasar diantara keduanya.

Perhiasan emas
Foto: Frank & co. Wedding Ring Collection

Fine jewellery

Foto: shutterstock 370495502

Kata ‘fine’ di istilah fine jewellery, maknanya adalah ‘mulia’ atau berharga. Perhiasan yang masuk kategori fine jewellery dibuat dengan logam mulia seperti emas, perak, atau platinum.

Selain itu, fine jewellery juga hanya menggunakan batu muliia atau permata alami, dan murni seperti berlian, safir, rubi, juga zamrud. Perhiasan wanita yang dibuat dengan bahan-bahan ini, sudah pasti lebih tahan lama dan dapat dipakai setiap hari.

Fashion jewellery

Jika perhiasan emas yang masuk kategori fine jewellery biasanya dipilih untuk membuat cincin tunangan atau cincin kawin yang merupakan perhiasan momen sakral, fashion jewellery biasanya dipilih sekadar untuk menunjang penampilan pada style fashion tertentu.

Fashion jewellery umumnya tidak direkomendasikan untuk dipakai setiap hari, karena bahannya yang terbuat dari jenis logam dasar seperti kuningan, tembaga, atau aluminium.

Selain logam dasar, fashion jewellery juga bisa dilapisi dengan logam mulia seperti emas, namun tetap tidak dapat mengubah jenisnya menjadi fine jewellery. Oh ya, perhiasan jenis ini juga ada yang terbuat dari bahan tekstil maupun kulit, juga dihiasi berbagai berlian atau permata buatan. Bahan sintetis seperti plastic maupun kaca.

Perhiasan emas
Foto: Perhiasan Emas Frank & co. Dew Light Collection

Mana yang lebih baik?

Pertanyaan ini sebenarnya tidak perlu dijawab dan diubah menjadi “mana yang jadi pilihanmu?” saja. Karena merupakan perhiasan dengan konsep berbeda, keduanya memiliki fungsi dan peran yang berbeda pula.

Jika kamu ingin memiliki cincin tunangan atau cincin kawin yang awet hingga tua dan bisa diwarisi pada anak cucu, mengunjungi toko emas terdekat dan memilih perhiasan emas dari kelompok fine jewellery adalah tindakan yang tepat.

Namun, jika tujuanmu adalah memberi kado ulang tahun untuk seorang fashionista, pilihlah satu set cincin berbahan logam dasar yang dilapisi dengan emas. Fashion jewellery ini dijamin akan jadi kado ulang tahun yang bikin sahabat atau pasanganmu bahagia.

Perhiasan emas
Foto: Perhiasan Berlian Wanita Tennis Bracelet & Peony Ring

Perbedaan dari segi harga

Frank & co. adalah salah satu toko emas terdekat yang menawarkan fine jewellery dengan kualitas terbaik dan desain yang tidak hanya timeless namun juga mampu mengikuti tren kekinian.

Dari segi harga, fine jewellery pasti lebih mahal dari fashion jewellery, namun tentunya mampu memberi lebih dari segi keindahan – salah satunya adalah kilau berlian Forevermark yang langka di koleksi Forevermark Avaanti – yang tidak bisa kamu dapatkan dari fashion jewellery.

Koleksi perhiasan Frank & co. bisa didapatkan dengan cara mengunjungi tokonya langsung, atau melakukan pembelian secara online di www.frankncojewellery.com atau dengan klik link di bio akun Instagram @franknco_id.

Jadi, gak perlu bingung lagi ya. Pilih fine jewellery untuk dapat kualitas di momen istimewa, sedangkan fashion jewellery bisa jadi alternatif untuk gonta-ganti aksesoris yang mampu menunjang penampilan!

 

Berita Terkait