Memilih dan Menggunakan Perhiasan dengan Bijak untuk Mendukung Kelestarian Lingkungan

Minggu, 19 September 2021 | 10:44:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Memilih dan Menggunakan Perhiasan dengan Bijak untuk Mendukung Kelestarian Lingkungan

Foto: shutterstock_1025332858

Sustainable and ethical jewellery bicara soal bagaimana sebuah perhiasan dibuat dengan proses yang ramah lingkungan.

Tujuan dari digencarkannya kampanye sustainable and ethical jewellery tentu saja untuk membuat alam yang jadi tempat dimana bahan baku perhiasan wanita berasal, tetap terjaga kelestariannya. Namun kenyataannya, mengharapkan transparansi atas proses terbuatnya sebuah perhiasan yang sustainable dan ethical tidak semudah kedengarannya.

Ada terlalu banyak pihak yang terlibat serta panjangnya proses dari logam mulia hasil tambang dibentuk hingga berupa perhiasan wanita yang dipasarkan ke konsumen.

Hal ini membuat beberapa kalangan produsen perhiasan memilih untuk memproduksi karyanya dengan cara mengolah kembali perhiasan tua atau benda lain yang bahannya memungkinkan untuk dijadikan perhiasan baru.

Metode ini sudah banyak diketahui dengan sebutan recycle. Recycle sendiri telah dilakukan pada begitu banyak aspek kehidupan lainnya, salah satu yang populer adalah fashion.

Sustainable fashion mulai mencuri perhatian, bahkan semakin berkembang dengan istilah upcycle, dimana sebuah pakaian bekas bahkan bisa bernilai jauh lebih tinggi dari sebelumnya, dengan bantuan desainer mode yang andal.

Menggunakan Perhiasan dengan Bijak
Foto: shutterstock_1705677082

Perhiasan emas sebagai sustainable jewellery

Konsep dari metode recycle sebenernya sudah diketahui banyak orang. Sesederhana melebur perhiasan emas lama, alih-alih menggunakan yang baru– untuk menciptakan perhiasan emas baru.

Metode ini mampu menciptakan cincin tunangan, cincin kawin, kalung emas, anting-anting, gelang, dan berbagai perhiasan dengan model baru yang kekinian.

Selain emas, membuat cincin tunangan atau cincin kawin maupun kalung emas fashionable dengan metode recycle juga dapat menggunakan berbagai jenis logam mulia lainnya, seperti silver, palladium, atau kuningan. 

Menggunakan Perhiasan dengan Bijak
Foto: Wedding Ring Collection - Frank & co.

Sustainable dan ethical jewellery sebagai statement terhadap kepedulian lingkungan

Memberi perhiasan yang dibuat dengan cara recycle sebagai kado ulang tahun pada sahabat yang punya concern terhadap kelestarian lingkungan akan membuat mereka menerima hadiah dengan kebahagiaan penuh. Selain sebagai kado ulang tahun, kamu juga bisa memilih sustainable jewellery untuk menunjukkan kepedulianmu terhadap isu lingkungan.

Nah, jika kamu belum berkesempatan memiliki perhiasan yang dibuat dengan konsep sustainable, setidaknya kamu bisa menjadi pemakai perhiasan yang cerdas. Dengan cara memilih perhiasan dengan kualitas terbaik dan memakainya untuk waktu lama, sehingga tidak terjadi pemborosan terhadap pembelian perhiasan.

Perhiasan dengan kualitas terbaik bisa kamu dapatkan di Frank & co., yang telah berkarya selama 25 tahun menghadirkan perhiasan emas yang tidak hanya mampu mempercantik penampilan pemakainya, namun juga dibuat dengan makna mendalam pada tiap koleksinya.

Yuk, lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan dengan cara mendukung berkembangnya konsep sustainable and ethical jewellery, dan menjadi pengguna perhiasan wanita yang cerdas, bijaksana dan bertanggung jawab!

Berita Terkait