Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | MEMPERINGATI HARI BUMI DI TENGAH PANDEMI

Memperingati Hari Bumi Di Tengah Pandemi

LS Lifestyle
Minggu, 25 April 2021 | 11:36:36
Durasi baca: 2 menit, 4 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Memperingati Hari Bumi Di Tengah Pandemi

Hari Bumi se dunia diperingati setiap tanggal 22 April. Gerakan ini pertama kali mucul pada awal 1960, pada saat Amerika Serikat mulai menyadari pencemaran lingkungan makin membahayakan bumi. Tanggal 22 April dipilih, karena bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere di belahan Bumi  Utara, juga musim gugur di belahan Bumi Selatan.

Pada dasarnya Hari Bumi adalah hari peringatan terhadap bumi. Tujuannya adalah mendukung dan meningkatkan kesadaran warga dunia terhadap pertingnya upaya perlindungan lingkungan. Berawal dari sebuah gerakan nasional di Amerika Serikat pada 1970, Hari Bumi diperingati dengan berbagai kegiatan bernapaskan kecintaan terhadap alam di 193 negara. Biasanya warga di berbagai negara membuat aksi peduli lingkungan, diantaranya dengan menanam pohon, menghemat pemakaian air bersih, mengirit energi listrik, dan lainnya.

Cara Memperingati Hari Bumi Di Tengah Pandemi

Wabah virus corona yang tak kunjung reda membuat kita harus pintar-pintar memodifikasi cara untuk melakukan kegiatan tertentu, termasuk dalam memperingati Hari Bumi. Dalam rangka memperingati hari bumi sedunia, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut dari rumah.

Baca juga: Mari Berkenalan Dengan Fashion Lokal Yang Mencintai Bumi

Tanam Satu Tanaman Di Rumah

Pohon berguna untuk memberikan oksigen dan udara bersih untuk manusia. Ia juga bisa dijadikan sumber makanan sekaligus memerangi perubahan iklim. Jadi, menanam pohon di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga bumi kita.

kamu bisa memulainya dengan memelihara tanaman hias atau tanaman-tanaman kecil di pot yang benihnya banyak tersedia dan bisa dibeli secara online. Menanam pohon juga bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga, terutama anak, agar ia tidak bosan selama harus berdiam diri di rumah.

Kurangi Penggunaan Plastik

Sampah plastik tidak bisa hancur dengan sendirinya dalam jangka waktu ratusan bahkan ribuan tahun. Sehingga, apabila tidak didaur ulang, sampah-sampah ini hanya akan memenuhi tempat pembuangan sampah atau berujung mengotori laut, dan mengancam kehidupan banyak biota laut.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Prinsip 3 R (reuse, recycle, reduce). Pilihlah makanan yang kemasannya minimalis menggunakan barang daur ulang.

Batasi Penggunaan Air

Membatasi penggunaan air juga baik untuk menjaga cadangan air bersih dan mengurangi aliran air kotor ke laut. kamu bisa memulainya dengan tidak terus menyalakan keran air saat mandi dan hanya menyalakannya saat akan digunakan.

Baca juga: Eclipse Bangle, Terinspirasi dari Fenomena Alam & Benda Langit Indah


Hemat Listrik

Menghemat penggunaan listrik selain bisa mengurangi biaya yang harus dibayarkan, juga perlu dilakukan untuk menjaga bumi. Dengan mengurangi penggunaan energi listrik, maka asap beracun yang dihasilkan oleh tempat pengolahan energi listrik bisa berkurang.

Asap serta cara pengolahan energi listrik secara keseluruhan dapat merusak lingkungan dan sumber daya alam di sekitarnya. Sehingga untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi, kamu bisa mulai dengan mencabut kabel listrik yang tidak digunakan dan mematikan lampu di siang hari.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Memperingati Hari Bumi Hari Bumi Earth Day Beragam Cara Sederhana Rayakan Hari Bumi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle