Mencari Tahu Standar Ukuran Cincin Tunangan Wanita Dan Pria Indonesia

Monday, 30 Nov | 18:37:10

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Mencari Tahu Standar Ukuran Cincin Tunangan Wanita Dan Pria Indonesia

Ukuran cincin merupakan hal pertama yang harus kita ketahui saat ingin membeli cincin baik untuk keperluan pernikahan, maupun koleksi pribadi. Faktor lain seperti model, harga dan berat bisa menyusul setelah kita mengetahui ukuran cincin yang ingin dibeli. Karena, percuma saja jika cincin yang kita beli indah dan mahal namun tidak sesuai ukuran jari. Selain tidak akan nyaman saat dikenakan, ukuran cincin yang sempit dapat membuat kulit iritasi bahkan menyumbat aliran darah pada jari jemari. Sebaliknya, jika ukuran cincin terlalu longgar, cincin juga akan mudah terlepas.

Lantas, bagaimana sih cara menentukan ukuran cincin agar kamu dan pasangan bisa mendapatkan cincin impian yang sempurna?

Jenis Ukuran Cincin Wanita Maupun Pria

Sebelum mempelajari tutorial menentukan ukuran cincin, ladies perlu tahu jenis-jenis ukuran cincin yang beredar di toko perhiasan untuk disesuaikan dengan ukuran jari kamu. Biasanya, stkamur ukuran cincin yang dipakai perempuan Indonesia adalah ukuran 10 hingga 18. Untuk mengetahui lebih detail mengenai ukuran cincin, kamu bisa lihat pada tabel di bawah. Dengan daftar ukuran pada tabel ini, kamu juga bisa lebih mudah akan membeli perhiasan di toko perhiasan atau secara online. Cukup sebutkan atau tulis ukuran, maka toko perhiasan akan membuat cincin yang sesuai dengan diameter dan keliling jari kita.

Ketahui Skala Ukuran Cincin yang Berlaku 

Tahukah kamu jika skala ukuran cincin di beberapa negara berbeda-beda? Di Indonesia misalnya, skala ukuran cincin ditentukan oleh besaran angka mulai dari 5,5 hingga 34. Sementara di Amerika, besaran skala cincinnya berbeda, yaitu mulai dari 3 hingga 15. Oleh karena itu, ada baiknya kamu bertanya  terlebih dahulu mengenai skala ukuran cincin yang digunakan oleh penjual perhiasan sebelum memesan cincin tunangan atau cincin kawin.  Meski besaran angka pada skala ukuran cincin di dua negara ini berbeda, namun selisih antara satu ukuran ke ukuran lainnya cukup dekat, yakni sekitar 0,35 mm. Misalnya, jumlah selisih ukuran 5 (diamenter 13,68 milimeter) dengan ukuran 6 (14,03 milimeter) pada skala ukuran cincin Amerika adalah 0,35 milimeter. Sehingga kamu tak perlu khawatir mengalami kesulitan untuk menemukan ukuran cincin yang tepat. 

Ketahui Informasi Dasar Seputar Jari Manis

Akan dikenakan di tangan mana cincin yang kamu beli? Hal seperti ini rupanya juga penting untuk dipikirkan, Sebab, ukuran jari manis kiri dan kanan berbeda. Tangan yang lebih sering digunakan biasanya memiiki ukuran jari manis yang setengah kali lebih besar dibanding jari manis pada tangan yang lainnya.

Cari Tahu Ukuran Jari Masing - Masing Pasangan

Rata-rata wanita mengenakan cincin berukuran 12,5 (skala Indonesia) atau 6 (skala Amerika) dengan lebar rangka 2 hingga 3 milimeter. Sedangkan rata-rata pria mengenakan cincin pria dengan ukuran 17 (skala Indonesia) atau 8 (skala Amerika) dan memiliki lebar rangka 4- 6 milimeter. 

Lalu, bagaimana jika jari manis pasangan berada diantara dua ukuran cincin? Saran kami, sebaiknya kamu memilih ukuran cincin yang paling besar, sebab selisih dari kedua ukuran tersebut sangatlah sedikit, sehingga kamu tak perlu khawatir cincin pilihan kamu tersebut kekecilan. 

Jika dibuat perkiraan, ukuran cincin wanita berdasarkan ukuran tangan, maka:

1) Tangan berukuran kecil memiliki ukuran cincin 9 - 11 (Indonesia) atau 4,5 – 5,5 (Amerika) 

2) Tangan berukuran sedang memiliki ukuran cincin 11,5 – 13,5 (Indonesia) atau 5,75 – 6,5 (Amerika) 

3) Tangan berukuran besar memiliki ukuran cincin 14 – 15,5 (Indonesia) atau 6,75 – 7,5 (Amerika) 

Standar Ukuran Cincin Wanita dan Pria Indonesia

Standar ukuran cincin wanita Indonesia rata-rata berkisar antara 10-18. Sedangkan untuk standard size cincin pria, umumnya berkisar antara 15 s/d 22. Standar ukuran cincin yang digunakan oleh setiap toko perhiasan seperti Frank & Co. kadang berbeda-beda satu sama lain, meskipun perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan. Perbedaan tersebut biasanya hanya nol koma (0,) sekian milimeter saja.  Meskipun terdengar sangat kecil, namun sebaiknya jangan dianggap remeh. Karena, perbedaan 0,1 mm dapat memberikan perbedaan kenyamanan saat kita mengenakan cincin. Oleh sebab itu, kamu tetap perlu mengetahui secara pasti ukuran cincin yang berlaku di toko perhiasan tempat kamu akan membeli.

Mengetahui ukuran cincin ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan kan? Setelah mengetahui ukuran cincin si dia, sekarang saatnya kamu menemukan model cincin tunangan yang tepat.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Berita Terkait