Mengapa Vaksinasi COVID-19 Sangat Penting Walau Tidak Mencegah 100%

Rabu, 24 Maret 2021 | 19:10:31

LS Health

Penulis : LS Health

Mengapa Vaksinasi COVID-19 Sangat Penting Walau Tidak Mencegah 100%

Hingga kini pandemi virus Corona belum juga berakhir. Guna menekan kasus yang terus bertambah, pemberian vaksin COVID-19 mulai dilakukan. Pemerintah pun menganjurkan agar semua orang mendapatkannya. Lantas, apa alasan setiap orang harus menjalani vaksinasi COVID-19?

Saat ini, vaksin COVID-19 tengah didistribusikan ke seluruh masyarakat Indonesia. Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

Alasan Mengapa Vaksinasi COVID-19 Sangat Penting

Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.

Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat COVID-19. Selain itu, vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal ini penting karena ada sebagian orang yang tidak bisa divaksin karena alasan tertentu.

Penting untuk Tetap Menjaga Daya Tahan Tubuh

Vaksin COVID-19 memang dapat membawa banyak manfaat dengan melindungi kita dari infeksi virus Corona. Namun, perlu diketahui bahwa vaksin ini tidak diberikan kepada orang yang sedang sakit berat atau sudah terinfeksi virus Corona.

Jadi, pastikan untuk selalu mempertahankan daya tahan tubuh kamu, baik sembari menunggu giliran untuk diberikan vaksin maupun setelahnya. Hal ini karena dengan imunitas tubuh yang kuat, kamu tidak akan mudah sakit sehingga kebugaran tubuh tetap terjaga. Beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, serta beristirahat yang cukup.

Terapkan Protokol Kesehatan Saat Berada di Luar Rumah

Terus-menerus berada di rumah saja memang bisa membuat bosan. Sesekali keluar rumah boleh-boleh saja, kok, ladies Namun, pastikan ladies dan keluarga menerapkan protokol kesehatan, ya.

Berikut ini adalah protokol kesehatan yang harus ladies lakukan ketika berada di luar rumah:

Selalu kenakan masker

Saat ladies berada di luar rumah, jangan lupa untuk selalu memakai masker. Tak harus masker medis, masker kain pun bisa. Namun, pastikan penggunaannya mengikuti stkamur kesehatan, ya. Hal ini juga berlaku untuk anak-anak, lho.

Jangan menyentuh benda-benda di tempat umum

Kendati tempat yang ladies kunjungi dengan keluarga sedang sepi, alangkah baiknya untuk tidak sering menyentuh benda-benda di tempat umum karena dikhawatirkan benda tersebut telah terpapar virus Corona.

Selalu jaga jarak

Pastikan untuk selalu menjaga jarak atau physical distancing sejauh 1–2 meter dengan orang lain. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan kita dari paparan virus Corona ketika orang lain bersin, batuk, atau meludah di dekat kita. kamu juga perlu menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di restoran atau rumah makan.

Penularan virus Corona bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Oleh karena itu, selalu terapkan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan untuk melindungi diri dan keluarga.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com