Mengatasi Perut Begah Setelah Berbuka Puasa

Friday, 16 Apr | 22:56:19

LS Health

Penulis : LS Health

Mengatasi Perut Begah Setelah Berbuka Puasa

Berbuka puasa adalah saat yang dinanti-nanti bagi orang-orang yang menjalankan puasa. Sayangnya, momen buka puasa juga menjadi ajang balas dendam dengan makan yang banyak. Karena hal itu, banyak orang yang merasa begah atau kekenyangan setelah buka puasa dan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut dan malas melakukan kegiatan. Lalu gimana cara buka puasa yang benar agar perut tidak begah setelah buka puasa? Simak tips-nya berikut ini. 

Kurangi Makanan atau Minuman Manis

Makanan dan minuman manis, baik yang menggunakan pemanis buatan seperti fruktosa, sorbitol, ataupun pemanis alami, adalah bahan yang sulit dicerna oleh tubuh. Jika kamu kerap mengalami perut kembung saat puasa dan gemar mengonsumsi makanan manis saat berbuka, sebaiknya mulai kurangi, ya.

Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Perut kembung saat puasa juga bisa terjadi karena terbatasnya asupan air yang masuk ke tubuh. Oleh karena itu, pastikan asupan cairan tubuh terpenuhi, dengan membiasakan diri minum dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di malam hari, dan dua gelas air putih saat sahur. Selain mengatasi perut kembung, minum air putih yang cukup juga akan membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

Biasakan Makan Perlahan

Sering disepelekan, tetapi makan secara perlahan merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi perut kembung, lho. Sebab, jika kamu makan dengan tergesa-gesa, makanan yang masuk tidak akan halus, sehingga kerja lambung menjadi semakin berat. Akibatnya, produksi gas pun akan meningkat, dan terjadilah perut kembung.

Banyak Makan Makanan Berserat

Makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan mampu membuatmu perut terasa kenyang lebih lama. Jadi, kemungkinan kamu akan makan banyak saat berbuka puasa bisa terkendali. 
Banyak Mengonsumsi Makanan Bergizi Selain makan makanan berserat, jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan bergizi lainnya. Jangan lupakan unsur protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Dengan memakan makanan bergizi, tubuh akan lebih mampu saat menjalankan puasa. 

Nah, cara terakhir agar perut tidak begah saat berbuka puasa adalah dengan menunda makan besarmu hingga sampai setelah ibadah tarawih. Jadi, saat berbuka puasa, makanlah makanan ringan untuk mengganjal perut. Makan setelah ibadah tarawih lebih baik karena kondisi lambung sudah optimal karena sudah menyesuaikan diri saat berbuka puasa. 

Sumber Foto Utama: istockphoto.com