Mengenal Alat Musik Triangle, Sejarah, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Minggu, 21 November 2021 | 00:03:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Mengenal Alat Musik Triangle, Sejarah, Fungsi Dan Cara Menggunakannya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Dalam penampilan musik orkestra, kita dapat menjumpai sejumlah alat musik, misalnya piano, biola, cello, dan satu alat musik lainnya yang dinamakan triangle.

Meskipun bentuknya cukup sederhana, triangle mampu memberikan sentuhan unik pada permainan musik berupa suara dentingan yang menyenangkan telinga.

Kira-kira seperti apa sih alat musik triangle tersebut? Simak ulasan selengkapnya mengenai alat musik triangle di artikel ini!

Apa Itu Triangle?

Foto: ilovevaquero

Jika dilihat dari bahasa Inggrisnya, triangle berarti segitiga. Seperti namanya, triangle merupakan sebuah alat musik berbentuk segitiga yang tergolong dalam alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada. Alat musik ritmis berfungsi sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu.

Fungsi Alat Musik Triangle dalam Permainan Musik

Foto: Ladiestory.id

Triangle adalah sebuah alat musik yang tergabung dalam kelompok alat musik ritmis. Lebih tepatnya, kelompok alat musik idiofoni. Alat musik idiofoni adalah alat musik yang bunyinya bersumber dari bahan dasar pembuat alat musik itu sendiri.

Alat musik triangle memiliki fungsi sebagai alat bantu yang mengiringi permainan musik orkestra sehingga lebih menarik. Kehadiran triangle dalam sebuah orkestra juga menciptakan harmoni yang indah dan unik yang akan memanjakan telinga pendengarnya.

Bahan untuk Membuat Alat Musik Triangle

Triangle umumnya dibuat dari besi, baja, atau logam lainnya yang dibentuk menjadi segitiga. Alat musik triangle tidak memiliki tangga nada atau melodi karena perbedaan jenis logam yang dipakai dalam pembuatan triangle-nya. Selain alat musik triangle itu sendiri, ada juga sebuah stik yang digunakan untuk memukul triangle.

Stik triangle biasanya dibuat dari bahan besi atau jenis logam lainnya. Kemudian, kita dapat menemukan seutas tali di bagian atas sebuah triangle. Awalnya seutas tali itu terbuat dari usus binatang. Kemudian, seiring berjalannya waktu, tali dalam triangle lebih banyak dibuat dari bahan nilon dan kawat.

Meskipun bentuknya segitiga, ternyata dari waktu ke waktu, alat musik triangle memiliki bentuk segitiga yang berbeda, lho. Di awal-awal kemunculannya, triangle hadir dalam bentuk segitiga sama sisi.

Lalu, seiring perkembangan waktu, alat musik triangle mengalami modifikasi bentuk hingga menjadi bentuk segitiga sama kaki yang kita lihat sekarang ini.

Kapan Pertama Kali Alat Musik Triangle Ditemukan?

Foto: Ladiestory.id

Alat musik Triangle pertama kali diperkenalkan di abad ke-16 Masehi. Sayangnya belum diketahui pasti siapakah yang pertama kali menciptakan alat musik berbentuk segitiga ini. Alat musik triangle menjadi elemen penting yang terdapat dalam orkestra musik klasik barat, khususnya di Eropa.

Menurut catatan sejarah, alat musik triangle mulai dipakai di orkestra musik klasik barat di abad ke-18 Masehi. Di Indonesia, khususnya di kesenian musik Betawi, alat musik triangle merupakan salah satu alat musik yang hadir di orkes Keroncong Tugu. Keberadaan alat musik triangle di Betawi pertama kali dibawa oleh bangsa Belanda.

Bagaimana Cara Memainkan Triangle?

Triangle biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik logam dalam waktu sekali-kali dalam sebuah bagian permainan musik. Namun, ada kalanya triangle dimainkan lebih sering dengan beraneka cara tergantung dari variasi lagunya dan kemampuan dari pemainnya sendiri.

Demikian ulasan tentang serba-serbi alat musik triangle. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasanmu, ya!