Reksa Dana: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya

Selasa, 28 September 2021 | 05:04:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Reksa Dana: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bagi kalian yang terbiasa terjun dalam dunia keuangan tentu tak asing lagi dengan kata reksa dana. Tapi bagi sebagian orang mungkin ada yang belum tahu apa itu reksa dana dan juga kelebihannya dibandingkan investasi jenis lain? Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai pengertian dan hal-hal yang terkait reksa dana.

Pengertian Reksa Dana

Foto: Ladiestory.id

Reksa dana adalah sebuah investasi dan jenis pengolah dana atau modal bagi kalian yang ingin berinvestasi dalam instrumen investasi dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana yang disediakan pasar modal. Yang selanjutnya dana tersebut juga dikelola oleh manajer investasi.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Foto: Ladiestory.id

Ada 4 jenis reksa dana yang biasa digunakan di Indonesia, yaitu:

1. Reksa Dana Saham

Reksa dana jenis ini merupakan reksa dana yang sebagian besar investasinya dialokasikan pada bursa saham. Keuntungannya diperoleh dari kenaikan harga saham yang dibeli di pasar bursa, dan mendapatkan tingkat pengembalian yang paling besar diantara jenis reksa dana lainnya, yaitu mencapai 15-20 persen per tahun. 

Begitu juga dengan risikonya paling tinggi dibanding reksa dana lainnya. Tapi justru keuntungannya paling tinggi, itu karena pasar saham bersifat fluktuatif. Reksa dana jenis  ini memiliki jangka waktu investasi yang cukup lama, yaitu diatas lima tahun.

2. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana jenis ini adalah reksa dana yang berinvestasi dalam pasar uang, contohnya Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Sertifikat Deposito, Deposito Berjangka, Surat Pengakuan Hutang, dan instrumen pasar uang lainnya. 

Keuntungan untuk reksa dana jenis  ini yaitu mempunyai risiko yang paling rendah dibandingkan reksa dana jenis lainnya. Selain itu reksa dana jenis ini lebih menguntungkan daripada kalian menyimpan uang di deposito, karena tidak dipotong pajak. Dan juga dana yang tersimpan di reksa dana pasar uang bisa diambil kapan saja tanpa denda. 

Selain itu proses pencairan reksa dana jenis ini pun terbilang mudah, dengan cara online tanpa harus mendatangi bank cabang tempat kalian berinvestasi. Dan untuk jangka waktu lamanya investasi reksa dana jenis ini juga fleksibel. Kalian bisa bebas menentukan kapan saja dengan return yang sama. 

Tapi tetap saja ada risikonya juga dalam investasi reksa dana pasar uang. Yaitu dana yang diinvestasikan tidak bisa semuanya dimasukkan ke deposito, sebagian lagi bisa di masukkan dalam Surat Berharga Komersial atau Obligasi yang jatuh temponya di bawah satu tahun. Lalu juga nilai pengembalian tergantung perubahan tingkat suku bunga pasar. Ini yang membedakannya dengan deposito yang memiliki suku bunga tetap.

3. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana jenis ini merupakan investasi yang sebagian besar dialokasikan pada efek yang memberikan pendapatan tetap, contohnya surat utang. Reksa dana jenis ini menginvestasikan dana kurang lebih 80 persen aktivanya pada bentuk efek utang atau obligasi. 

Keuntungan yang didapat dari reksa dana jenis ini yaitu tingkat pengembalian hasil yang stabil, ini karena memiliki aset surat utang atau obligasi yang memberikan keuntungan secara tetap.

4. Reksa Dana Campuran

Reksa dana jenis ini  merupakan campuran dari semua reksa dana di atas yang tidak lebih dari 79 persen, dengan jangka waktu 3 sampai 5 tahun atau bisa lebih. Keuntungan yang di dapat dari reksa dana ini yaitu relatif aman, karena adanya kebijakan investasi yang cukup fleksibel. 

Kelebihan dari Investasi Reksa Dana Secara Umum

Foto: Ladiestory.id

Secara umum dari semua kelebihan reksa dana tersebut adalah sebagai berikut:

1. Investasi reksa dana bisa  dibeli dengan modal sedikit.

2. Terdapat banyak pilihan produk sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan.

3. Diversifikasi, dimana risiko kerugian investasi dapat berkurang.

4. Likuiditas tinggi, dimana investasi bisa dicairkan atau dijual kembali kapan saja dengan menggunakan harga NAB yang berlaku.

5. Dana investasi dikelola oleh Manajer Investasi profesional, sehingga kalian para investor tak usah repot mengelola investasinya sendiri.

Itulah informasi mengenai apa itu reksa dana, jenis-jenis dan juga kelebihannya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kalian yang merencanakan investasi dalam jangka panjang. 

Berita Terkait