Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | MENGENAL DIET MILITER YANG DIKLAIM EFEKTIF TURUNKAN BERAT BADAN DALAM TIGA HARI

Mengenal Diet Militer yang Diklaim Efektif Turunkan Berat Badan dalam Tiga Hari

LS Health
Penulis: LS Health
Selasa, 16 Maret 2021 | 12:46:18
Durasi baca: 3 menit, 26 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mengenal Diet Militer yang Diklaim Efektif Turunkan Berat Badan dalam Tiga Hari 

Diet menjadi salah satu metode yang banyak dipilih orang untuk menurunkan berat badan. Ada banyak metode diet di luaran, dari diet karbo, diet mayo, hingga diet keto. Tentu saja, setiap metode diet ini memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Dari banyaknya metode diet tersebut, umumnya orang memilih yang menawarkan penurunan berat badan paling cepat. Diet militer atau military diet disebut-sebut paling ampuh memangkas berat badan, bahkan hanya dalam hitungan tiga hari. Lantas, apa itu diet militer dan seperti apa metodenya?

Diet militer mungkin terdengar masih asing di beberapa orang. Namun, belakangan diet militer mulai populer lantaran diklaim dapat menurunkan berat badan hingga 4,5 kilogram hanya dalam waktu satu minggu. 

Baca juga: Tanda-tanda Kamu Sudah Masuk Dalam Toxic Relationship

Diet militer merupakan diet sangat rendah kalori yang dirancang untuk membantu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Diet ini juga mencakup kombinasi makanan tertentu demi membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar lemak. 

Meski memakai nama militer, diet ini sama sekali tidak berkaitan dengan militer. Selain itu, juga tidak mengikuti prinsip-prinsip yang digunakan dalam militer yang sebenarnya. Namun, secara historis, diet militer berangkat dari pemahaman bahwa prajurit tidak bisa turun ke medan perang bila memiliki berat badan berlebih. 

Kurangnya diet seimbang telah menyebabkan kinerja militer yang buruk. Karena itu, nutrisi dan militer saling terjalin. Pemahaman tersebut yang kemudian melahirkan apa yang disebut dengan diet militer. 

Metode diet militer mengharuskan para pelakunya untuk mengikuti diet rendah kalori selama tiga hari dan dibolehkan kembali makan seperti biasa selama empat hari. Tak heran, bila diet militer juga disebut sebagai diet tiga hari. 

Selama tiga hari itu, pelaku diet militer harus membatasi asupan kalori harian serta mengonsumsi jenis makanan tertentu. Jumlah kalori yang dibolekan setiap harinya adalah 1.400, 1.200, dan 1.100 kalori. Jumlah ini berada jauh di bawah kebutuhan kalori harian orang dewasa kebanyakan. 

Baca juga: Takut Gendut, Coba Yuk Diet Ala Nagita Salvina


"Diet ini juga rendah lemak dan benar-benar hanya bergantung pada kekurangan kalori untuk membantu orang menurunkan berat badan dengan cepat," kata Julie Rothenberg, ahli gizi berlisensi dan pemilik JuliENERGYnutrition di Miami, Amerika Serikat, dikutip dari Everyday Health. 

 

Dilasir dari laman Medical News Today, sebuah situs yang menyediakan informasi tentang diet militer, menunjukkan bahwa menjalani diet ini dapat kehilangan bobot tubuh hingga 10 pon atau sekitar 4,5 kilogram dalam waktu satu minggu. Bahkan bila terus menjalankan diet militer selama sebulan, berat badan akan turun hingga 30 pon atau sekitar 13,5 kilogram. 

Para pendukung diet militer mengklaim metode diet tiga hari empat hari libur ini cukup efektif membantu menurunkan berat badan tanpa mengganggu metabolisme tubuh seperti diet jangka panjang yang sangat ketat. 

Walau begitu, diet ini juga memiliki risiko. Salah satunya, kemungkinan makan lebih banyak kalori atau berat badan kembali naik setelah program diet berakhir. Tak hanya itu, sebagian ahli diet terdaftar juga tidak menyarankan melakukan diet militer lantaran penurunan berat badan yang langsung besar dan dalam waktu singkat. 

Baca juga: Hal-hal yang Bikin Bayi Bahagia Dalam Kandungan

Kebanyakan para ahli mengatakan penurunan berat badan yang baik adalah sekitar satu kilogram per minggu. Artinya, dalam sebulan, sekitar empat kilogram. Lebih dari itu itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan juga tubuh. 

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, diet militer bisa berdampak bahaya bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun. "Secara pribadi, diet rendah kalori bukan hal baru juga tidak realistis atau berkelanjutan,” ucap Rothenberg. 

Di samping kekurangannya, diet militer juga memiliki sisi positif. Diet ini relatif terjangkau karena tidak membatasi asupan makan tertentu serta tidak perlu membeli makanan olahan, minuman, atau suplemen. 

Pelaku diet militer masih boleh mengonsumsi daging-dagingan, ikan tuna, buah-buahan, kopi dan teh, keju, telur, bahkan es krim. Sedangkan makanan yang tidak dibolehkan seperti pemanis buatan (kecuali stevia), mentega, krimer, jus buah, susu, jeruk, gula (kecuali es krim), serta yogurt (kecuali varietas greek)

Penasaran ingin mengikuti pola diet militer? Berikut ini contoh menu diet militer dalam satu hari.

Baca juga: Memiliki Badan Gemuk, Perhatikan 5 Tips Fashion Ini

Sarapan 

  • Sepotong roti panggang dengan dua sendok makan selai kacang. 
  • Secangkir kopi hitam atau teh dengan kafein. 
  • Setengah buah jeruk besar.  

Makan Siang 

  • Satu potong roti bakar dengan setengah cangkir ikan tuna putih. 
  • Satu cangkir kopi atau teh berkafein. 

Makan Malam

  • Tiga ons daging (apa pun jenis yang kamu suka). 
  • Satu apel kecil. 
  • Setengan pisang. 
  • Satu cangkir kacang hijau. 

Cara diet militer yang aman Diet sehat Tips menurunkan berat badan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health