Mengenal Estrogen, Hormon Penting Yang dimiliki Wanita

Kamis, 23 Desember 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Mengenal Estrogen, Hormon Penting Yang Dimiliki Wanita

Ilutrasi wanita tiduran. (Special)

Ladiestory.id - Sebagai seorang perempuan bijak, kita perlu memahami tubuh, organ dan hormon yang dimiliki. Salah satunya adalah estrogen dengan peran penting dalam segala tahap kehidupan wanita dari pubertas, menstruasi, kehamilan, hingga menopause. 

Mengenal Estrogen, Hormon Penting Yang dimiliki Wanita

Ilustrasi tiduran. (Special)

 

Estrogen merupakan sebutan dari sekelompok hormon yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan karakteristik seksual wanita serta proses reproduksinya. Sebenarnya, Hormon ini bukan hanya diproduksi dalam tubuh wanita, namun juga dalam tubuh pria dengan kadar yang jauh lebih rendah. 

1. Pengertian Mendalam Tentang Estrogen dan Fungsinya

Secara umum, estrogen dapat diartikan dengan substansi kimia yang diproduksi dalam tubuh untuk mengendalikan dan mengatur aktivitas sel atau organ.

Selain itu, ada beberapa fungsi hormon dalam tubuh adalah mengatur perkembangan dan metabolisme tubuh, menentukan fungsi seksual dan jaringan reproduksi serta mengontrol suasana hati. Namun untuk mengenali peran hormon estrogen akan membuat wanita lebih memahami berbagai perubahan dalam tubuhnya.

2. Inilah Fungsi Penting Estrogen di Tubuh Wanita

Ketika dijelaskan secara khusus, Hormon estrogen berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan organ seksual. Faktanya, Hormon estrogen terdiri dari 3 jenis, yaitu estradiol, estriol, dan estron.

Penjelasan mengenai jenis dari hormon estrogen pada tubuh adalah Estradiol memiliki kadar paling tinggi pada wanita di masa suburnya, sedangkan estriol diproduksi oleh plasenta selama masa kehamilan. Sementara itu, estron tersebar luas di tubuh dan menjadi estrogen utama pada masa premenopause.

Sedangkan untuk fungsi estrogen lainnya adalah membantu mengatur suhu tubuh dan menjaganya tetap stabil, membantu dalam mendukung kemampuan mengingat dan meningkatkan memori, mempermudah mengelola bagian otak yang mempersiapkan tubuh untuk perkembangan seksual dan reproduksi, lebih mudah mengatur kadar kolesterol sehingga mengurangi risiko penumpukan plak dalam pembuluh darah jantung (aterosklerosis)

3. Bukan Hanya Satu Masa Tapi Peran Estrogen Berkelanjutan 

Ketika ada sedang dalam masa pubertas, mulai meningkatnya kadar estrogen menyebabkan pertumbuhan payudara wanita, serta pertumbuhan rambut pada kemaluan dan ketiak.

Memasuki masa kehamilan, biasanya wanita akan menghasilkan lebih banyak estrogen dibandingkan sepanjang hidupnya. Tentu saja, peran hormon ini sangat penting selama kehamilan.

Hal ini dikarenakan estrogen turut berperan dalam membentuk pembuluh darah baru untuk mengalirkan nutrisi ke tubuh janin agar tumbuh kembangnya bisa optimal dalam periode transisi atau sebelum menopause.

Umumnya, kadar estrogen mengalami fluktuasi sebelum akhirnya menurun dan menyebabkan perubahan fisik dan emosional.

4. Dampak Penurunan Kadar Estrogen di Masa Menopause

Saat berada di masa menopause, rendahnya kadar estrogen dapat menyebabkan vagina menjadi kering dan dinding vagina menipis sehingga hubungan seksual mungkin menjadi terasa menyakitkan.

Selain itu, penurunan kadar estrogen dapat menimbulkan hot flash atau sensasi hangat di tubuh, wajah, atau leher, perubahan suasana hati (mood swings), penurunan gairah seksual, dan gangguan tidur.