Mengenal Wedding Registry – Memudahkan Tamu Undangan, Menyenangkan Pasangan

Rabu, 15 September 2021 | 10:11:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Mengenal Wedding Registry – Memudahkan Tamu Undangan, Menyenangkan Pasangan

Foto: Frank & co. Wedding Ring Collection

Saat menjadi tamu undangan dalam sebuah pernikahan, tidak hanya penampilan yang perlu kamu persiapkan, namun juga hadiah.

Di Indonesia, tamu-tamu pernikahan terbiasa memberikan hadiah berupa uang tunai yang dimasukan ke dalam amplop. Hadiah seperti ini memang yang paling mudah karena tidak perlu persiapan khusus, sekaligus paling ‘aman’ karena artinya kamu menyerahkan pilihan sepenuhnya kepada pasangan mempelai, untuk apa hadiah uang tunai tersebut akan digunakan.

Mempelai bisa membeli barang-barang yang memang mereka sukai dan butuhkan, disamping itu juga bisa memanfaatkan hadiah uang tunai untuk keperluan lainnya yang mungkin saja mendesak.

Karena tidak dapat dipungkiri, mengadakan pesta pernikahan adalah sesuatu yang cukup menguras biaya – setelah membeli perhiasan emas berupa cincin tunangan dan sepasang cincin kawin, serta semua keperluan pernikahan, mendapat hadiah pernikahan berupa uang tunai bisa sangat bermanfaat.

Namun, tahukah kamu kalau kebiasaan di negara barat justru memberi hadiah pernikahan berupa barang? Beberapa orang di Indonesia memang juga melakukannya, meski mayoritas masi memilih memberi hadiah uang tunai. 

Wedding Registry
Foto: shutterstock_760471816

Mengenal Wedding Registry

Nah, menariknya, orang Amerika atau Eropa yang menikah, terbiasa membuat daftar hadiah yang diinginkan. Konsep ini disebut dengan wedding registry.

Wedding registry bisa berupa website atau aplikasi, yang memungkinkan calon mempelai membuat daftar hadiah yang mereka inginkan atau butuhkan, lengkap dengan informasi dimana bisa mendapatkannya. Selanjutnya, daftar hadiah ini nantinya akan dikirimkan atas nama website maupun aplikasi ke alamat email para undangan yang terdaftar.

Website atau aplikasi wedding registry akan memberi kesempatan bagi tamu undangan untuk memilih hadiah mana yang ingin mereka berikan. Dan setelah seorang undangan menentukan pilihan, hadiah tersebut akan dicoret sehingga tamu undangan lain tidak bisa memilihnya juga.

Kenapa pakai Wedding Registry?

Konsep ini sangat efektif untuk menghindari diterimanya dua hadiah yang sama dari dua orang berbeda. Selain untuk pernikahan, konsep daftar hadiah ini juga bisa diterapkan untuk kado ulang tahun maupun kado kelahiran bayi, dua momen dimana setiap orang terdekat pasti ingin memberi hadiah untuk merayakan sukacita bersama.

Jika kamu pernah mengalami dapat dua kado ulang tahun yang sama, memanfaatkan website atau aplikasi ini bisa sangat berguna!

Dalam wedding atau gift registry, kamu bisa memasukan benda apapun, dengan pertimbangan harga yang wajar. Masukkanlah benda-benda dengan harga murah supaya bisa dipilih oleh tamu undangan yang tidak terlalu dekat denganmu, sedangkan hadiah-hadiah mahal seperti perhiasan emas atau perhiasan wanita, bisa dipilih oleh orang-orang terdekat.

Wedding Registry mempermudah tamu undangan

Momen memakai cincin kawin persis di sebelah cincin tunangan adalah sesuatu yang istimewa. Jangan ragu untuk membagikan kebahagiaanmu pada orang sekitar. Bahkan di masa pandemi, mereka yang tulus bersahabat denganmu pasti akan dengan senang hati memberi hadiah pernikahan sesuai harapanmu.

Bahkan, hal itu justru akan memudahkan dan menghemat waktu mereka, ketimbang harus pusing memilih antara memberi perhiasan wanita sebagai hadiah pernikahan yang hanya dapat dipakai mempelai wanita, atau satu set alat makan keramik yang bermanfaat untuk keduanya.

Kamu bisa memilih website atau aplikasi wedding/gift registry yang ada – lakukanlah research terlebih dahulu di internet untuk menemukan platform yang paling tepat menurutmu. Dan bersiaplah dapat hadiah pernikahan, kado ulang tahun, atau hadiah kelahiran bayi, seperti yang kamu mau!

Berita Terkait