Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Musim Hujan

Selasa, 16 Februari 2021 | 06:30:33

LS Health

Penulis : LS Health

Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Musim Hujan

Musim hujan sudah datang menghampiri. Berbagai persiapan tentunya harus dilakukan untuk menghadapi musim ini, termasuk soal cara menjaga kesehatan tubuh. Sebab, seperti yang kita tahu, musim hujan seringkali jadi waktu rentan munculnya berbagai penyakit, mulai dari flu hingga demam berdarah. Ada satu hal yang sebenarnya merupakan inti dari cara menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan, yaitu menjaga kebersihan. Lebih lengkap, berikut langkah tepat yang bisa kamu terapkan ke diri sendiri, maupun keluarga agar tetap sehat.

6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Musim Hujan

Rajin Cuci Tangan

Mendapatkan tubuh yang sehat, bisa dimulai dari cara yang sederhana, yaitu rajin cuti tangan. Sebab, banyak virus dan bakteri bermunculan saat musim hujan. Hal ini membuat kamu memiliki potensi besar untuk terjangkit hal-hal berbahaya tersebut dengan hanya menyebrang jalan atau memegang susuran tangga dan kursi di tempat umum yang terpapar air hujan.

Jangan Sentuh Wajah Kamu

Cara menjaga kesehatan tubuh lainnya adalah dengan mengurangi frekuensi menyentuh wajah. Sebab, virus flu umumnya memasuki tubuh manusia melalui mata, hidung, dan mulut. Oleh karena itu, tahan keinginan untuk mengucek mata, menyeka keringat di dahi, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan menyentuh wajah kamu secara langsung. Gunakan tisu atau sapu tangan bersih jika memang diperlukan untuk melakukan kontak dengan wajah.

Lindungi Diri Dari Air Kotor

Selokan mampet dan genangan-genangan kotor merupakan pemkamungan umum yang dapat kamu saksikan selama musim hujan. Kedua hal tersebut juga merupakan sumber penyakit-penyakit, seperti diare, influenza, kolera, dan infeksi jamur pada kulit.

Konsumsi Makanan Sehat

Gorengan, cilok, atau otak-otak yang dijual di pinggir jalan mungkin sangat menggoda untuk disantap saat musim hujan. Namun jangan salah, justru pada musim inilah waktunya kamu untuk menghindari makanan-makanan tersebut. Makanan yang dimasak dan dijual pada ruangan terbuka memiliki potensi terpapar dari berbagai virus dan bakteri yang terbawa angin dan air. Agar kesehatan tubuh tetap prima, sebaiknya kamu konsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperit buah dan sayur. Kandungan fitonutrien yang ada di kedua makanan tersebut, baik untuk kesehatan dan dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

Jauhkan Nyamuk Dari Kehidupan Kamu

Populasi nyamuk berkembang pesat saat musim hujan karena banyaknya genangan air yang bermunculan. Genangan tersebut biasanya menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Untuk mencegah demam berdarah maupun penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk, jangan malas dalam membersihkan rumah secara rutin. Periksa pot bunga, ember yang tidak terpakai, selokan, saluran air, dan tempat-tempat lain yang dapat menampung genangan air. Bersihkan genangan tersebut dan tutup dengan rapat sampai musim hujan berakhir.

Minum Teh Herbal dan Air Putih

Teh herbal memiliki manfaat untuk meredakan batuk, demam, dan radang tenggorokan - yang kesemuanya merupakan penyakit-penyakit umum saat musim hujan. Untuk membuat teh tersebut semakin baik khasiatnya, tambahkan bahan-bahan yang dapat menghangatkan tubuh seperti jahe, cengkeh, basil, atau mint. Manfaat air putih untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Minuman yang satu ini akan membantu tubuh dalam membantu pembuangan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Air putih juga dapat membantu menyingkirkan dahak atau lendir bagi kamu yang sedang mengalami flu.

Cara menjaga kesehatan tubuh yang disebutkan di atas, bisa dilakukan kapanpun, tidak terbatas saat musim hujan saja. Perlindungan untuk tubuh akan semakin maksimal apabila kamu juga tidak lupa untuk olahraga dengan teratur. Dengan beigitu, daya tahan tubuh akan siap menghadapi musim hujan maupun musim-musim lainnya.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com