Menu Sajian yang Sering Dijadikan Hidangan Natal

Sabtu, 25 Desember 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Menu Sajian Yang Sering Dijadikan Hidangan Natal

Ilustrasi Makan Malam (Special)

Ladiestory.id -  Selamat natal, momen bahagia bersama keluarga yang dimeriahkan dengan perayaan natal bersama sajian khas natal yang lezat. Biasanya di luar negeri, natal selalu jadi momen berbagai hidangan disajikan.

Tidak berbeda jauh dengan Indonesia, tentu saja menghadirkan menu makanan khas natal yang menggiurkan. Menu Sajian Makanan Yang Biasanya Dijadikan Hidangan Natal.

1. Ayam Kalkun Panggang

ayam kalkun
Ilustrasi Ayam Kalkun (Special)

 

Kamu akan menemukan menu natal ini di Eropa. Bukan hanya dijadikan sebagai santapan khas "Thanksgiving". Namun, menu makanan ini merupakan hidangan khas Natal dengan ukuran lebih besar dari ayam. Maka dari itu, menu ini cocok dijadikan makan bersama keluarga besar.

Sedangkan untuk pembuatannya menggunakan berbagai macam rempah-rempah sehingga daging kalkun terasa lezat, gurih, dan empuk. Bahan pelengkap dari menu ini adalah kentang panggang dan sayuran lainnya. 

2. Ikan Kuah Kuning

ikan kuah kuning
Ilustrasi Ikan Kuah Kuning (Special)

 

Satu lagi makanan khas natal dari Ambon. Biasanya perpaduan, menu ini terbuat dari ikan tuna dan muba yang dimasak dengan kunyit, kapur, dan rempah-rempah lainnya, kemudian dimakan bersama papeda. Sedangkan bicara soal rasa biasanya terasa pedas dan gurih sehingga tentu saja membuatmu tergoda.

3. Gingerbread

ginger bread
Ilustrasi Ginger Bread (Special)

 

Sesuai dengan namanya, tentu saja makanan ini terbuat dari campuran rempah roti, kacang almond, rosewater, jahe, dan gula. Gingerbread menjadi makanan ringan khas Eropa yang berbentuk manusia. Biasanya, oada musim Natal, kue jahe bisa dibentuk menjadi pohon Natal atau butiran salju kemudian dihias dengan warna-warna identik dari Natal. 

4. Ayam Kodok

ayam kodok
Ilustrasi Ayam Kodok (Special)

 

Ketika membaca namanya kemungkinan terdengar lucu. Jadi, ayam kodok merupakan menu makanan khas Indonesia yang sering dinikmati di momen natal. Kehadiran ayam kodok berawal dari pengaruh Belanda.

Sekilas kita melihat jika ayam kodok bentuknya utuh mirip kalkun panggang. Ternyata cara pembuatan mereka berbeda, ayam kodok dibuat dengan cukup unik, yaitu mengeluarkan jeroan ayam tanpa merusak atau merobek kulit ayam. Setelah itu, Daging ayamnya  diolah terpisah dan dicampur daging sapi bersama bumbu lain.

Campuran itu digiling sampai halus, kemudian dimasukkan kembali ke dalam ayam. Maka dari itu, untuk membuat ayam kodok perlu dilakukan dengan hati-hati supaya ayam tetap utuh. Kemudian, ayam dipanggang hingga matang, dan disiram saus kental serta gurih.

Kue Bagea

kue bagea
Ilustrasi Bagea (Special)

 

Kembali lagi dengan menu dari daerah timur, Maluku memiliki kue bagea yang sering dihidangkan ketika Natal. Bentuk dari kue ini bulat dan berwarna cokelat yang terbuat dari tepung sagu, kacang tanah, dan kacang kenari. BIasanya, Kue bagea nikmat saat disantap dengan teh atau kopi ketika berkumpul dengan keluarga pad Hari Natal.

Lapet

kue lapet
Ilustrasi Kue Lapet (Special)

 

Rasanya perayaan natal menjadi kurang berkesan tanpa adanya lapet, makanan tradisional dari Tapanuli, Sumatera Utara. BIasanya, Kue ini dibungkus daun pisang yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula aren.

Ayam Rica-rica

ayam rica rica
Ilustrasi Ayam Rica- Rica (Special)

 

Makanan dari Manado yang menjadi hidangan favorit ketika Natal. Ciri khas dari hidangan ini dikenal dengan rasa pedas yang pekat, pasalnya mereka dimasak dengan cabai dan jahe ditambah dengan perpaduan daging ayam yang lembut dan bumbu kuah merah sehingga terasa nikmat di lidah.

Ternyata ada berbagai menu makanan khas Indonesia yang bisa disajikan ketika Natal. Silahkan Kamu coba menghadirkan salah satu dari pilihan hidangan yang ada supaya perayaan Natal bersama keluarga menjadi lebih menarik. Meskipun mengonsumsi makanan berlemak, pedas, gorengan, dan makanan manis, namun jangan sampai berlebihan, tetap jaga kesehatan dan imbangi makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

s