Ini Lho 7 Menu Sehat yang Cocok Dijadikan Makan Siang

Senin, 6 Desember 2021 | 12:00:00

Nur Faizah

Penulis : Nur Faizah

Ini Lho 7 Menu Sehat Yang Cocok Dijadikan Makan Siang

Foto: Dok. JTBC

Ladiestory.id - Saat masa pandemi COVID-19, kamu pasti berhati-hati dalam memilih makanan terutama yang sehat namun simple. Beberapa orang mungkin jadi lebih sering memasak di rumah dibandingkan membeli.

Agar kamu tidak bosan dengan makan siangmu, berikut daftar menu makan siang sehat yang bisa kamu masak sendiri di rumah.

1. Udang Tepung

Foto: cooking.nytimes

Udang tepung goreng adalah masakan yang simple. Tepungnya saja sekarang sudah banyak yang instan disertai bumbu. kamu hanya perlu memotong udang, lalu dibersihkan kemudian berikan perasan jerik limon dan garam agar tidak bau amis. Diamkan beberapa menit lalu taburkan tepung serbaguna.

2. Tumis Kangkung

Kangkung adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak manfaat tapi mudah diolah. Untuk makan siang sehat, kamu hanya perlu tumis kangkung dengan saus tiram, lada, garam dan ditambah bawang putih, bawang merah. Bagi yang suka pedas, kamu bisa menambahkan potongan cabai.

3. Mashed potato

Jika kamu bosan makan nasi dan ingin mencoba hal baru. kamu bisa membuat mashed potato. Cara membuatnya tak sesulit namanya, lho. kamu cukup mengupas kentang lalu direbus, kemudian hancurkan sampai alus.

Untuk rasa yang makin nikmat kamu boleh menambahkan susu cair dan keju. Oiya, agar penampilannya makin cantik, kamu boleh tambahkan irisan daun parsley diatasnya.

4. Perkedel tahu

Bukah hanya kentang saja, perkedel juga bisa dibuat dari tahu. Caranya kamu harus menghaluskan tahu, bawang merah dan putih serta lada terlebih dahulu. Kemudian campurkan bumbu dengan tahu yang sudah kamu haluskan. Lalu terakhir tambahkan tepung beras, daun bawang dan telur.

Bentuk tahu kondisional ya, kamu bisa membuat memanjang atau bulat seperti perkedel pada umumnya. Jadi deh, perkedel tahu homemade siap disajikan.

5. Kimbab

Foto: timeout

Rekomendasi selanjutnya ada menu ala-ala Korea ini. Kimbab hampi sama dengan sushi namun dalam kimbab kamu bisa mengisinya sesuka hati seperti wortel, buncis, timun, telur hingga daging.

6. Capcay

Capcay adalah makanan super sehat nan mudah dibuat. kamu hanya perlu menyiapkan sayuran wortel, brokoli, sawi, buncis dan tambahan lainnya seperti bakso, sosis, dan telur puyuh.

Bumbunya cukup bawang putih, bawang merah, garam, lada dan gula sevukupnya. kamu dapat juga menambahkan bumbu penyedap rasa lainnya.

7. Ayam teriyaki

Siapa bilang ayam hanya bisa diolah dengan cara yang sulit. Buktiknya cara membuat ayam teriyaki ini sangat mudah, lho. kamu cukup memotong ayam kecil-kecil lalu ditumis bersama saus teriyaki hingga matang. Ayam teriyaki pun siap disajikan. Biasanya banyak orang menambahkan sayuran hijau yang cuma dikukus saja.

Agar menu makan siangmu tetap sehat, ada baiknya untuk menghindari makanan berminyak dan menambahkan lebih banyak sayuran.