Menurut Psikolog, Begini Cara Keluar dari Hubungan Toxic

Selasa, 9 Januari 2024 | 16:09:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Menurut Psikolog, Begini Cara Keluar Dari Hubungan Toxic

Ilustrasi. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Tiap pasangan pastinya selalu berusaha untuk menciptakan hubungan yang sehat dan bahagia. Namun, tak mudah untuk menciptakan suasana hubungan yang selalu menyenangkan. Terkadang, karena satu dan lain hal, seseorang terjebak dalam hubungan yang ‘beracun’ alias toxic.

Melansir Brides, menurut Kelly Campbell, seorang psikolog dan perkembangan manusia di California State University, mengatakan bahwa hubungan beracun atau toxic adalah hubungan yang berdampak buruk pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

“Karena kita menghabiskan begitu banyak waktu dan energi pada pasangan, hubungan ini sangat berpengaruh pada kesejahteraan kita. Ketika berjalan baik, biasanya kita baik-baik saja. Namun jika hal tersebut tidak berjalan dengan baik, kesehatan dan kebahagiaan kita kemungkinan besar akan terkena dampak negatifnya,” ujar Kelly Campbell.

Berikut 5 cara untuk keluar dari hubungan toxic.

Bicarakan Baik-Baik

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Untuk bisa keluar dari hubungan toxic, bicarakanlah dengan pasangan tentang hal yang dirasa mengganggu dalam hubungan. Bahkan, ada baiknya menemui terapis untuk melakukan konseling bersama.

Namun, jika hal itu terjadi berulang kali, maka seseorang harus berani mempertimbangkan untuk mengakhiri hubungan.

Beritahu Orang Terdekat

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Apabila merasa sedang berada dalam hubungan yang toxic, ada baiknya untuk beri tahu anggota keluarga atau orang terdekat yang bisa dipercaya. Ceritakanlah tentang situasi yang terjadi dalam hubungan, termasuk rencana untuk meninggalkan hubungan tersebut.

Tingkatkan Kualitas Diri

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Saat ingin meninggalkan hubungan toxic, mulailah untuk meningkatkan kualitas diri sendiri. Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan hobi, pelatihan, atau hal-hal yang disukai lainnya. Jangan pernah merasa takut untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba banyak hal baru yang belum pernah dilakukan.

Hemat Uang

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Kelly Campbell menyarankan seseorang menyisihkan uang sebanyak mungkin untuk bersiap mengakhiri hubungan. Jika pasangan melakukan tindak kekerasan atau pengancaman, catatlah setiap kejadian itu dan pertimbangkan untuk melaporkannya ke pihak berwajib.

Putuskan Komunikasi

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Langkah terpenting adalah berani tinggalkan pasangan dan putuskan semua komunikasi. Jangan lagi terhubung di media sosial mana pun, dan jangan coba untuk kembali berteman dengannya. 

Memang tak mudah untuk langsung memutus semua komunikasi dengan seseorang yang tadinya sangat penting dalam hidup. Mulailah perlahan untuk meminimalkan komunikasi yang terjalin.