Merasa Malas? Berikut 5 Tips Jitu Untuk Mengatasinya

Jumat, 17 Juni 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Merasa Malas? Berikut 5 Tips Jitu Untuk Mengatasinya

Faktor Pemicu Tubuh Terasa Lelah (Special)

Ladiestory.id - Merasa malas adalah sesuatu yang wajar untuk dirasakan dan juga dialami. Namun, terkadang rasa malas yang berlebihan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, aktivitas penting dalam hidup, seperti bangun, mandi, makan, dan bersosialisasi.

Rasa malas tentu saja merupakan hal yang ingin dihindari oleh semua orang. Kemalasan bisa disebabkan oleh berbagai faktor pribadi, Hal itu perlu disikapi dengan tepat agar Kamu bisa bangkit kembali dari keadaan tersebut. Berikut 5 tips mengatasi rasa malas yang bisa Kamu coba.

Pelajari Lebih Lanjut Tentang Diri Kamu

Ilustrasi bercermin. (Special)

Alasan setiap orang merasa malas pasti berbeda-beda, dan motivasi seseorang untuk melakukan sesuatu juga berbeda. Misalnya, banyak orang yang menyukai matematika, dan banyak orang yang menyukai kegiatan olahraga.

Mengenal diri sendiri adalah langkah pertama untuk mencari tahu mengapa Kamu merasa malas. Dengan menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk mengobrol dengan diri sendiri, hal itu dapat membantu Kamu mengetahui apa motivasi utama yang dibutuhkan.

Kembangkan Kebiasaan Kecil yang Baik

Foto: Ladiestory.id

Jika Kamu sudah terlalu lama bermalas-malasan, tentunya sangat sulit untuk bangun tepat waktu. Jadi, hal yang paling mudah dilakukan untuk kembali ke ritme kehidupanmu adalah dengan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang baik.

Menurut William H. McCraven (Pensiunan Komandan Angkatan Laut AS) dalam bukunya yang berjudul "Make Your Bed: The Little Things That Can Change Your Life...And Maybe The World", dia mengatakan bahwa jika Kamu ingin mengubah dunia, hal pertama yang perlu dilakukan adalah bereskan tempat tidurmu. Artinya, jika Kamu akan mulai melakukan hal-hal besar, maka Kamu harus menyelesaikan hal-hal kecil terlebih dahulu.

Buat Jadwal Harian yang Teratur

Foto: Ladiestory.id

Salah satu hal yang membuat seseorang malas untuk melakukan suatu aktivitas adalah karena merasa kewalahan dengan banyaknya aktivitas yang ingin dilakukan. Otak seseorang sering terlalu memikirkan hal-hal yang tidak seharusnya (overthinking) sampai pada akhirnya membuat mereka tidak berdaya.

Jadi, cara untuk mengatasinya adalah dengan memiliki jadwal yang teratur dan membagi perhatian dengan bijak. Maka, alih-alih mengoceh tentang berapa banyak kegiatan yang harus dilakukan di pagi hari, Kamu dapat mulai mengaturnya ke dalam daftar kegiatan tertentu dan mulai menata pikiran menjadi lebih fokus dan tidak terlalu kewalahan.

Jangan Menunda-nunda

Foto: Ladiestory.id

Mengutip laman Good Therapyprocrastination atau istilah lain dari penunda pekerjaan adalah situasi di mana seseorang menunda aktivitasnya hingga menit terakhir atau mungkin melewatkan tenggat waktu. Ada banyak alasan mengapa seseorang menunda-nunda pekerjaan. Salah satunya adalah keinginan untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari aktivitas yang dilakukan (perfeksionis).

Bahkan, sifat perfeksionisme juga bisa menyebabkan seseorang menjadi malas untuk melakukan suatu aktivitas. Jadi, penunda pekerjaan dan perfeksionisme perlu diatasi dengan cara membuatmu melakukan aktivitas secara teratur dan juga pasti.

Lakukan Detoks Dopamin

Iluatrasi perempuan bahagia. (Special)

Mengutip laman Medical News Today, dopamin adalah hormon kebahagiaan yang berperan penting dalam suasana hati, aktivitas fisik, dan juga motivasi. Ketika seseorang mengharapkan suatu hadiah atau reward, maka nantinya otak akan memproduksi dopamin.

Oleh karena itu, perlu dilakukan kerja detoksifikasi dopamin. Mengutip laman Blog Kesehatan Harvard, Dopamine Detox adalah upaya untuk membebaskan otak dari sumber rangsangan dopamin yang tidak sehat dan adiktif, seperti bermain ponsel, dan kemudian mengubahnya menjadi sumber yang lebih produktif.

s