Merayakan Natal dengan Berbagai Dekorasi Natal Yang Ramah Lingkungan

Rabu, 25 November 2020 | 14:09:58

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Merayakan Natal Dengan Berbagai Dekorasi Natal Yang Ramah Lingkungan

Natal ramah lingkungan? Tentu suatu ide menarik mengingat massifnya volume sampah setiap hari besar termasuk natal. Selain karena ada pesta “makan-makan”, dekorasi pohon natal juga memicu limbah plastik.

Karenanya,  di sejumlah tempat semakin banyak orang kreatif yang mencoba merayakan natal yang ramah lingkungan.  Mengingat perubahan iklim sedang menjadi topik hangat akhir-akhir ini, ada baiknya jika kita mencoba merayakan natal dengan cara yang lebih ramah lingkungan!

Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendekorasi rumahmu dengan dekorasi natal yang ramah lingkungan. Apa saja kira-kira dekorasinya?

Christmas Wreath Dari Kartu Ucapan

Pemberian kartu ucapan, walaupun popularitasnya sudah menurun, masih terus dilakukan menjelang natal. Padahal, seringkali kartu-kartu ucapan ini tidak akan digunakan begitu masa-masa natal berakhir.

Alih-alih membuangnya, kamu bisa menggunakan kartu-kartu natal ini menjadi dekorasi natal. Kumpulkan kartu ucapan yang kamu terima dan kreasikan menjadi christmas wreath atau rangkaian bunga natal yang bisa digantung di dinding rumahmu.

Lampu Natal LED

Natal memang identik dengan gemerlap lampu natal yang warna-warni. Jika kamu masih menggunakan lampu natal biasa, tidak ada salahnya beralih ke lampu natal LED sebagai dekorasi natal.

Ini karena lampu LED tidak mengonsumsi daya sebesar lampu biasa. Selain dapat mengehemat biaya listrik, natal kamu juga bisa jadi lebih ramah lingkungan!

Dekorasi Kertas Daur Ulang

Kalau kamu orang yang kreatif dan senang berkreasi dengan kertas, kamu bisa coba membuat dekorasi natal dari kertas-kertas yang sudah tidak terpakai.

Kamu bisa memotong dan membentuk kertas tersebut menjadi bintang, snowflake, paper chain, pohon natal mini, dan lain sebagainya. Agar semakin indah dan berwarna, kamu bisa mengecat kertas-kertas tersebut dengan warna-warna cerah atau menambahkan glitter.

Pinecone Reindeer

Dekorasi natal ramah lingkungan yang satu ini sangat mudah dibuat. Kamu hanya membutuhkan beberapa biji pinus, mata boneka, benang, pita dan ranting kayu.

Mirip seperti kerajinan tangan yang sering dibuat saat kecil, bukan? Selain itu, rusa dari biji pinus ini pastinya akan terlihat menggemaskan ketika digantung di pohon natal.

Pohon Natal Dari Botol Plastik

Kalau kamu nggak ingin tanggung-tanggung, cobalah membuat pohon natal dari botol-botol plastik yang sudah tidak kamu gunakan. Kamu tinggal menyusun botol-botol plastik tersebut dan hias sesuka hati. Ketika masa natal sudah berakhir, botol-botol tersebut dapat kamu daur ulang! Ramah lingkungan banget, bukan?

Selain membuat atau membeli dekorasi natal yang ramah lingkungan, alternatif lain yang termudah dan tidak mengeluarkan biaya adalah menggunakan dekorasi natal yang sudah kamu miliki.

Karena dekorasi natal ini hanya digunakan sekali dalam setahun, jika kamu jaga dengan baik, tentu dekorasi tersebut dapat kamu gunakan di tahun-tahun berikutnya. Nah, Selamat Natal.