Meriah dan Spektakuler, Ini Serba-serbi Pagelaran Miss Grand International 2023

Sabtu, 4 November 2023 | 17:06:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Meriah Dan Spektakuler, Ini Serba-Serbi Pagelaran Miss Grand International 2023

Miss Grand International 2023. (Instagram.com/missgrandinternational)

Ladiestory.id - Kontes kecantikkan Miss Grand International 2023 yang diselenggarakan di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam baru saja usai, tepatnya pada Rabu (25/10/2023) telah terpilih wakil Peru yakni Luciana Fuster berhasil memenangkan gelar Miss Grand Internatioanl 2023 diedisi ke-11 penyelenggaraannya. 

Indonesia pun patut berbangga, melalui Ritassya Wellgreat ia berhasil menorehkan prestasi dengan masuk kedalam jajaran Top 10 Miss Grand International 2023. Berikut ini serba-serbi pagelaran Miss Grand International 2023 yang telah Ladiestory.id rangkum.

1. Kemenangan Kedua Bagi Peru

Miss Grand International 2023. (Instagram.com/missgrandinternational)

 

Peru menjadi negara kedua yang berhasil memenangkan kembali ajang kecantikan Miss Grand International. Sebelumnya wakil dari Peru yakni Maria Jose Lora pernah meraih gelar Miss Grand International pada tahun 2017. Luciana Fuster wakil Peru yang berprofesi sebagai aktris dan model serta memiliki jumlah pengikut terbanyak di Instagram sebanyak 4,7 juta ini berhasil mengalahkan 69 kontestan dari berbagai benua lewat pemilihan ajang kecantikan yang fokus pada perdamaian dunia tersebut. Fakta menarik lainnya, kesuksesan wakil Peru yang dinobatkan sebagai Miss Grand International ini sama-sama berasal dari host country yang sama yakni Vietnam.

2. Wakil Indonesia Berhasil Raih Top 10 Miss Grand International 2023

 

Miss Grand International 2023. (Instagram.com/missgrandinternational)

 

Wakil Indonesia Ritassya Wellgreat dan juga Miss Mega Bintang Indonesia 2023 sukses masuk dalam jajaran Top 10 Miss Grand International 2023 atau sebagai 5th Runner Up Miss Grand International 2023. Sebelumnya, Ritassya digadang-gadang akan mendulang kesuksesan Ariska Putri Pertiwi untuk membawa pulang golden crown kedua kalinya untuk Indonesia.

Penampilannya yang konsisten dan selalu on point selama karantina membuat banyak pageant lovers yang mengunggulkannya untuk menang begitu pula dengan rekan kontestan Miss Grand International lainnya. Banyak pageant lovers Indonesia yang mengungkapkan jika tahun ganjil merupakan kutukan bagi wakil Indonesia di ajang Miss Grand International yang tidak berhasil melangkah maju ke posisi Top 5.

3. Ivan Gunawan Raih Penghargaan Golden Grand Award

Miss Grand International 2023. (Instagram.com/missgrandinternational)

 

Artis, desainer, pengusaha, beauty queen maker , national director sekaligus founder Yayasan Dunia Mega Bintang Indonesia, Ivan Gunawan berhasil meraih penghargaan Golden Grand Award sedangkan national director Vietnam dan Peru berhasil mendapatkan Silver Grand Award, yakni sebuah penghargaan khusus yang diberikan kepada national director terbaik yang melangsungkan kontes kecantikan nasional untuk pemilihan Miss Grand International di negara asalnya.

Sebelumnya Indonesia melalui Ivan Gunawan dipercayakan sebagai host country penyelenggaraan Miss Grand International 2022 yang sukses di gelar secara megah dan spektakuler di Bali dan Jakarta. Selain itu, Ivan Gunawan melalui Yayasan Dunia Mega Bintang Indonesia juga sukses menggelar pemilihan Miss Mega Bintang Indonesia 2023 untuk mencari wakil Indonesia yang bertanding ke ajang kecantikan tingkat internasional.

4. Myanmar Terpilih Sebagai Host Country Miss Grand International 2023

Miss Grand International 2023. (Instagram.com/missgrandinternational)

 

Saat malam grand final Miss Grand International 2023 telah diumumkan secara resmi bahwa Myanmar terpilih sebagai host country untuk Miss Grand International 2024. Sementara itu, wakil Myanmar yakni Ni Ni Lin Eain sukses meraih prestasi tertinggi untuk pertama kalinya dengan meraih posisi 1st Runner Up.

Ia pun sukses meraih gelar Miss Popular Vote yang secara otomatis masuk dalam jajaran Top 10 Miss Grand International, Myanmar pun sukses mematahkan kutukan pemenang van vote yang gagal melaju ke Top 5. Selain itu, Myanmar sukses menunjukkan kekuatannya sebagai Country’s Power of the Year. Hal ini membuktikan Myanmar berhasil mencapai posisi terbaik dalam sejarah MGI.

5. Wakil Colombia Membawa Bendera Israel dan Palestina di Sesi Speech

Miss Grand International 2023. (Instagram.com/missgrandinternational)

 

Wakil Colombia yakni Maria Alejandra Lopez Perez berhasil masuk dalam Top 10 MGI 2023 dan para semifinalis ini wajib memberikan pidato pada sesi Speech Round “Stop the War and Violence”. Diakhir pidatonya ia membawa bendera kecil Israel dan Palestina sebagai bentuk perdamaian ditengah konflik perang yang sedang memanas hingga kini. Miss Grand Colombia yang digadang-gadang untuk memenangkan gelar Miss Grand International 2023 ini harus puas berada diposisi 2nd Runner Up.

6. Hadirkan Grand Voice Awards Pertama Kalinya

Miss Grand International 2023. (Instagram.com/missgrandinternational)

 

Untuk pertama kalinya, Miss Grand International Organization menghadirkan sesi Grand Voice Awards untuk mencari kontestan yang memiliki skill menyanyi terbaik. Sebelumnya, Engfa Waraha wakil Thailand di Miss Grand International 2022 berhasil meraih Grand Voice Awards yang menginspirasi MGIO untuk mengadakan sesi tersebut di tahun 2023.

Untuk pemenang Grand Voice Awards 2023 diberikan kepada wakil Ghana, Kitava-Yvettlana Fosuwaa-Amankwaa. Sementara itu, untuk pertama kalinya pula MGI menghadirkan penyanyi tampil live diatas panggung dengan menghadirkan Engfa Waraha Miss Grand International 2022 dan juga 1st Runner Up Miss Grand International 2022.