Meski Lezat, Waspada 5 Gejala Diabetes karena Santapan Lebaran

Sabtu, 7 Mei 2022 | 17:30:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Meski Lezat, Waspada 5 Gejala Diabetes Karena Santapan Lebaran

Ilustrasi diabetes. (Special)

Ladiestory.id - Saat lebaran pasti Kamu akan mengonsumsi banyak makanan, tidak hanya makanan bersantan tetapi makanan yang manis juga. Misalnya seperti kue lebaran, minuman manis, opor ayam, bahkan rendang. Makanan ini pasti menjadi ciri khas untuk perayaan hari raya. 

Apakah Kamu tahu bahwa makanan-minuman tersebut ternyata dapat berbahaya, khususnya bagi penderita diabetes? Diabetes sendiri merupakan penyakit metabolik yang disebabkan oleh peningkatan kadar glukosa atau gula darah.

Gula darah ini yang kemudian naik, peningkatan gula darah dapat disebabkan oleh gangguan produksi atau kurangnya responsif sel tubuh terhadap insulin. Insulin disana merupakan hormon pengatur gula darah. Padahal kita tahu bahwa gula darah itu suatu hal yang penting untuk kesehatan tubuh.  

Lalu bagaimana bisa santapan tersebut berbahaya? Meskipun terlihat seperti tidak mengandung gula, makanan tersebut juga ternyata memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Apalagi jika ditambah mengonsumsi minuman yang manis beserta kue lebaran, yang mana Kamu sendiri tahu bahwa itu sudah mengandung gula yang cukup tinggi. Sehingga dapat menyebabkan risiko terkena diabetes.

Namun tidak perlu khawatir, selagi Kamu dapat mengontrol dalam mengonsumsi makanan manis. Kamu dapat menghindari penyakit tersebut. Tetapi, Kamu juga perlu tahu apa saja gejala diabetes, agar nantinya Kamu bisa mewaspadainya. Berikut ini beberapa gejala diabetes yang mungkin akan muncul setelah menyantap hidangan lebaran.

Sering Buang Air Kecil

Foto: Ladiestory.id

Ketika sel dalam tubuh tidak dapat menyerap glukosa, maka ginjal akan berusaha mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin. Selain itu di malan harinya, Kamu juga akan terbangun untuk buang air kecil.

Nah jika sudah begini, itu artinya ginjal sedang berusaha menyingkirkan semua glukosa ekstra dalam darah. Hal inilah yang mengakibatkan penderita diabetes lebih sering buang air kecil daripada orang yang normal. 

Sering Merasa Haus Padahal Baru Minum

Ilustrasi orang minum karena kehausan. (Special)

Pernahkah Kamu merasa haus secara tiba-tiba? Nah, ini juga menjadi pertanda bahwa Kamu seorang penderita diabetes. Tubuh akan memerlukan banyak cairan akibat kehilangan cairan dari buang air kecil. Ternyata, sering buang air kecil dan merasa haus berlebihan menjadi cara yang digunakan tubuh untuk mengelola gula darah tinggi dalam diri kita.

Penurunan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan. (Special)

Jika tubuh memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka itu akan menyebabkan penurunan berat badan secara drastis. Hal ini diakibatkan hormon insulin tidak mendapatkan glukosa untuk sel. Sehingga nantinya tubuh terpaksa memecah protein dari otot sebagai sumber alternatif bahan bakar untuk menghasilkan energi.

Luka Sulit Sembuh

Ilustrasi Bekas Luka. (Special)

Gejala diabetes selanjutnya adalah masalah penyembuhan luka. Apabila Kamu memiliki infeksi, luka, dan memar yang tidak sembuh dengan cepat, itu artinya pembuluh darah Kamu mengalami kerusakan, yang diakibatkan glukosa berlebihan dalam pembuluh darah dan arteri. 

Pandangan Kabur

Ilustrasi Kantung Mata. (Special)

Jika Kamu mengalami penglihatan yang kabur atau sesekali melihat sebuah kilatan cahaya, itu artinya Kamu seorang penderita diabetes. Karena keduanya merupakan akibat langsung dari kadar gula darah yang tinggi pada tubuh.

Mengapa? Karena pembuluh darah di retina menjadi lemah setelah mengalami hiperglikemia dan mikro-aneurisma, yang mana itu melepaskan protein berlemak yang disebut eksudat. Apabila dibiarkan, maka hal tersebut dapat menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu pandangan kabur menjadi salah satu gejala diabetes.

s