Meski Sudah Disomasi, Band Kerispatih Akan Tetap Nyanyikan Lagu Ciptaan Badai

Senin, 14 Agustus 2023 | 16:56:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Meski Sudah Disomasi, Band Kerispatih Akan Tetap Nyanyikan Lagu Ciptaan Badai

Badai dan Kerispatih. (Spesial Instagram/badaithepianomand)

Ladiestory.id - Konflik antara band Kerispatih dengan eks personelnya, Badai, memasuki babak baru. Usai beberapa waktu lalu Badai melayangkan somasi kepada band Kerispatih.

Grup band Kerispatih akhirnya buka suara terkait polemik lagu-lagu yang dilarang oleh mantan personelnya, Badai.

Dalam surat klarifikasi yang diunggah di akun Instagram-nya, Kerispatih menolak larangan yang disampaikan oleh Badai dalam Surat Pertanyaan sebelumnya.

"Surat klarifikasi terbuka ini kami buat berkaitan dengan beredarnya berita Surat Pernyataan yang diunggah oleh mantan personil band kami yaitu Sdr. Doadibadai melalui laman media sosial Instagramnya dengan akun badaithepianoman pada tanggal 6 Juli 2023," kata Kerispatih dalam unggahan di Instagram, yang dilansir pada Senin (14/8/2023).

"Melalui laman media sosial Instagram-nya dengan akun badaithepianoman pada tanggal 6 Juli 2023," lanjut isi tulisan di unggahan akun Kerispatih.

Kerispatih merasa mereka masih boleh menyanyikan lagu-lagu ciptaan Badai. Dikarenakan ketika masih bergabung di band itu sesuai dengan aturan undang-undang yang ada. Mereka hanya perlu membayar royalti yang sesuai.

Unggahan Kerispatih. (Instagram/kerispatih_)

Khususnya kepada Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) ketika membawakan lagu-lagu Badai di acara off air atau pun on air.

"Sehingga dapat disimpulkan, tidak ada hak mutlak bagi si pencipta untuk dapat melakukan pelarangan kepada setiap orang yang menggunakan suatu karya cipta. Sepanjang pengguna karya tunduk melakukan pembayaran imbal kewajiban hukumnya dengan kepada Pihak Lembaga Manajemen Kolektif," jelas akun Kerispatih.

Surat pernyataan dari Kerispatih ini ditandatangani oleh kuasa hukum Kerispatih, Rolland Elyas Potu, Alizah Widyastuty, dan Martinus Tanga Lero.

"Demikian untuk menjadi perhatian bersama, sebelumnya Kami ucapkan Terima Kasih. Hormat kami: Arief Nurdiansyah Morada (Guitarist), RM. Antonius Suryosularjo (drummer), dan Fandy Santoso (Vocalist)," tutup keterangan unggahan tersebut.

Sebagai informasi, Badai memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrakk dengan band Kerispatih pada 4 Juli 2023 lalu.

Setelah keluar dari Kerispatih, Badai menyebut sudah membuat perjanjian penggunaan lagu meski belum disepakati kedua belah pihak.

"Sejak 2016 saya sudah mengirimkan Perjanjian Penggunaan Lagu kepada Kerispatih (bukti dokumen ada). Tapi tidak berhasil disepakati. 2018 saya kembali mengirimkan Perjanjian Penggunaan Lagu (bukti dokumen ada) juga tidak berhasil disepakati," kata Badai dalam unggahannya.

Badai dan Kerispatih. (Spesial Instagram/badaithepianomand)

"2021 saya mundur dari panggung reunian karena tidak merasa nyaman dan sekaligus menarik semua aset saya dari atas panggung berupa lagu. 4 Juli 2022, dengan susah payah akhirnya saya berhasil memberikan kesepakatan kepada Kerispatih dan berhasil ditandatangani, serta berlaku sampai 4 Juli 2023, dengan pembayaran prosentase dari setiap event mereka," tandas Badai.