Meskipun Pandemi, Usahakan untuk Tetap Beraktivitas!

Kamis, 18 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Meskipun Pandemi, Usahakan Untuk Tetap Beraktivitas!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sudah hampir dua tahun, pandemi masih menjadi batas yang membuat ruang gerak menjadi tidak bebas. Namun, sesuatu hal penting yang perlu diketahui ada tetap melakukan aktivitas fisik.

Manfaat dari rutin beraktivitas fisik adalah menjaga berat badan, menurunkan risiko penyakit dari tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

Meskipun Pandemi, Usahakan untuk Tetap Beraktivitas!

Selain itu, aktivitas fisik tak selalu dalam bentuk olahraga. Kita bisa melakukan sederhana dengan mengurangi waktu duduk meskipun sedang dalam pekerjaan, belajar, menonton TV, membaca, atau bermain ponsel.

Ketika sudah terlalu duduk atau rebahan, kita bisa berdiri sejenak dan lakukan peregangan tubuh (stretching), berjalan, atau naik-turun tangga selama 3–5 menit setiap 20–30 menit. Tujuannya adalah meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mengurangi ketegangan otot.

Adakan Jadwal Rutin untuk Melakukan Olahraga

Foto: Ladiestory.id

Namun, lebih baik melakukan olahraga secara rutin dengan membuat jadwal rutin setiap hari. Kita bisa melakukan bersama keluarga atau teman dengan kelas daring selama pandemi Covid-19.

Tapi, Ingat untuk tetap jaga diri ketika berolahraga saat Covid-19. Hindari berolahraga jika kita merasa sakit dari demam, batuk, dan sulit bernapas. Selain itu, kita bisa beristirahatlah di rumah atau dokter bila keluhan berat.

Belajar mengenai Kemandirian Diri

Foto: Ladiestory.id

Ini menjadi salah satu alasan lain kita harus tetap produktif di tengah pandemi khususnya pada bidang pendidikan adalah melatih kemandirian diri dalam belajar. Biasanya, kita hanya belajar mengandalkan guru di sekolah, kini saatnya lebih mengembangkan diri dengan belajar online secara mandiri.

Walaupun memang akan kesusahan dan masih belum terbiasa. Namun, jika tetap melakukan self-study secara rutin, maka tentu akan semakin terbiasa dan mandiri dalam belajar.

Self-study secara online membuat kita bisa manfaatkan situs-situs yang menyediakan materi belajar sehingga pandemi bukan menghalangi untuk mengembangkan diri dan menambahkan kepandaian meskipun tidak belajar di sekolah.

Berkreasi Sehingga Belajar Menjadi Aktivitas yang Menyenangkan

Foto: Ladiestory.id

Beberapa siswa sekolah mungkin ada yang sependapat jika belajar di sekolah adalah aktivitas yang menjemukan. Awalnya, anggapan ini muncul dikarenakan metode belajar yang dipakai tidak asyik sehingga, belajar menjadi aktivitas yang ingin dihindari.

Ketika belajar dilakukan secara online akan semakin malas. Maka kita perlu membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, sekaligus menata suasana hati dalam mode siap menerima materi belajar.

Bukan hanya itu, kita harus memiliki motivasi diri untuk terus belajar sekalipun keadaan tidak memungkinkan untuk belajar di sekolah. Saat kita sudah punya motivasi yang kuat, maka akan timbul semangat untuk belajar dan proses belajar sehingga menciptakan aktivitas yang menyenangkan. 

Sekali lagi, pandemi bukan penghalang untuk tidak belajar justru menuntut kreativitas untuk tetap memanfaatkan waktu dengan baik yang dibantu dengan teknologi yang mendukung.