Miliki Gaji Besar Tapi Sulit Menabung? Bisa Jadi Kamu Lakukan 5 Kesalahan Ini

Senin, 4 Desember 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Miliki Gaji Besar Tapi Sulit Menabung? Bisa Jadi Kamu Lakukan 5 Kesalahan Ini

Ilustrasi Gaji Besar. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, memiliki gaji besar memang diidamkan banyak orang, tak hanya bisa memenuhi kebutuhan hidup gaji yang besar pun berpeluang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup seseorang. Namun faktanya, sebagian orang sulit menabung walaupun memiliki gaji yang besar, lho.

Jika dibiarkan terus-menerus dan tidak ada perubahan justru hal ini akan membahayakan dirimu, maka dari itu kamu perlu menelusuri kesalahan-kesalahan dalam mengelola keuangan seperti lima kesalahan berikut ini. Yuk, mulai perbaiki!

1. Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan yang Jelas

Ilustrasi Masalah Keuangan. (Freepik)

 

Ladies, memiliki gaji besar memang menjadi sebuah tantangan bagi seseorang apalagi bagi kamu yang tidak pandai mengelola keuangan maupun terkesan menjadi pribadi yang boros. Nah, mulai saatnya sifat buruk ini segera kamu hentikan. Jangan sampai gajimu hanya bisa membuat kamu bertahan hidup diawal bulan namun menderita diakhir bulan, Ladies.

Jika kamu hanya menerima uang masuk dan membiarkannya begitu saja tanpa adanya perencanaan keuangan yang jelas justru akan membuat masalah finansial dikemudian hari, maka dari itu saat menerima gaji bulanan sebaiknya bagi pos-pos keuangan sesuai dengan kebutuhanmu misalnya pos keuangan untuk ditabung, kehidupan sehari-hari hingga dana darurat dengan begitu kamu tidak akan menggunakan gaji bulanan sepenuhnya.

2. Gaya Hidup yang Hedon

Ilustrasi Menghamburkan Uang. (Freepik)

 

Ladies, memiliki gaya hidup yang hedon ataupun terlalu royal karena merasa “kaya” juga akan menimbulkan masalah finansial yang akan datang dikemudian hari. Pasalnya, ketika kamu menerima gaji besar kamu akan tiba-tiba merasa jadi seseorang yang kaya mendadak dan ingin segera membeli berbagai jenis barang dan mentraktir keluarga maupun teman-temanmu.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal ini, akan tetapi hal ini pun harus disesuaikan dengan prioritas dan kepentingan dirimu dahulu sebelum membahagiakan orang lain. Pikirkan dengan matang yang mana menjadi tujuan maupun goalsmu dimasa depan sebelum menyenangkan orang lain, Ladies.

3. Tidak Berinvestasi

Ilustrasi Investasi. (Freepik)

 

Ingin uang gajimu tidak terbuang sia-sia dan tak tau kemana arah perginya, maka sebaiknya siapkan pula dana untuk berinvestasi. Selain menabung, investasi juga menjadi tujuan jangka panjang bagi seseorang untuk masa depannya. Jika kamu tidak memulai untuk berinvestasi maka uangmu pun akan cepat habis. Oleh sebab itu, belajar perlahan untuk menjaga finansial hingga hari tua sangat penting dilakukan jika tidak sama sekali.

4. Boros dalam Berbelanja

Ilustrasi Berbelanja Pakaian. (Freepik)

 

Jika niat menabungmu selalu gagal karena melihat harga-harga promo maupun barang-barang kekinian yang up to date sehingga wajib untuk dimiliki maka sebaiknya kamu bisa menghentikan perlahan kebiasaan ini, hal ini lah yang dapat menyebabkan dirimu menjadi boros bahkan gaji besarmu terbuang dalam sekejap.

Untuk mengatasinya sebelum memutuskan berbelanja alangkah lebih baik kamu dapat merencanakan atau mencatat barang-barang yang kamu butuhkan dalam daftar belanjamu. Meskipun terlihat sederhana hal ini dapat mengontrol diri untuk tidak menghabiskan banyak uang.

5. Membeli Barang Tanpa Perhitungan

Ilustrasi Berbelanja. (Freepik)

 

Yup, sama seperti poin sebelumnya memiliki gaji yang tinggi membuat seseorang mudah tergiur membeli produk bernilai tinggi tanpa pemikiran yang matang dan perhitungan sebelumnya. Hal inilah yang dapat membuat gajimu cepat habis dan sulit untuk menabung.

Alangkah lebih baik kamu dapat memikirkan terlebih dahulu kegunaan maupun kualitas dari barang yang kamu inginkan daripada mengutamakan keegoisan dan nafsu sesaat yang dapat membuatmu merasa menyesal kemudian.