Miliki Segudang Manfaat, Ini Pentingnya Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 20 Juli 2022 | 15:00:00

Miliki Segudang Manfaat, Ini Pentingnya Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi teh kunyit. (Special)

Ladiestory.id - Bahan alami sudah dikenal sejak lama sebagai obat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bahan alami berupa kunyit, yang selain bisa digunakan sebagai bumbu dapur juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bahan alami yang satu ini dipercaya sangat berkhasiat untuk menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel dalam tubuh, seperti mencegah mutasi sel menjadi kanker.

Namun, tak hanya itu saja. Masih ada sederet manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan berikut ini.

Pereda Nyeri Haid

Manfaat Kesehatan Kunyit. (Special)

Sudah turun-menurun banyak orang yang percaya bahwa salah satu khasiat kunyit adalah untuk meredakan nyeri haid pada wanita.

Kandungan pada kunyit dapat mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim, serta mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Kamu dapat mengonsumsi kunyit asam saat terjadi siklus menstruasi di setiap bulan. Lakukan aktivitas olahraga dan rutin minum air putih setiap harinya.

Obati Radang Tenggorokan

Manfaat Kesehatan Kunyit. (Special)

Mengutip Top 10 Home Remedies, kunyit termasuk obat alami untuk radang tenggorokan yang dapat kamu coba. Kamu dapat mengonsumsinya dengan minum segelas air yang dicampur dengan seperempat bubuk kunyit di pagi hari.

Untuk Daya Tahan Tubuh

Manfaat Kesehatan Kunyit. (Special)

Mengonsumsi kunyit juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Di musim pancaroba seperti sekarang ini, tubuh sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Kamu dapat mengatasi hal ini dengan meningkatkan daya tubuh. Caranya dengan rutin mengonsumsi kunyit setiap hari.

Tubuh dengan daya tahan tinggi tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungannya dapat meningkatkan kekebalan sistem tubuh dalam melawan virus atau bakteri.

Perut Kembung

Manfaat Kesehatan Kunyit. (Special)

Hampir sama dengan poin sebelumnya, kunyit juga mampu menenangkan sistem pencernaan dan mengeluarkan gas yang terdapat dalam perut.

Kamu dapat gunakan kunyit sebagai obat alami efektif yang dapat mengobati segala gejala gas dalam tubuh. Senyawa dalam kunyit juga mampu membantu perncernaan dan tubuh berhenti memproduksi asam yang menyebabkan perut kembung.

Bagi anak-anak, kunyit juga dapat dikonsumsi karena kandungan kurkumin di dalamnya yang bermanfaat untuk penyembuhan. Seperti China dan negara lainnya juga mengobati berbagai masalah pencernaan dengan menggunakan kunyit.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kunyit dan madu untuk mengurangi gejala asam lambung. Karena kunyit memiliki  senyawa antiradang dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Penambah Nafsu Makan

Manfaat Kesehatan Kunyit. (Special)

Selain sebagai obat, kunyit juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan, seperti untuk olahan sayur, nasi kuning dan penyedap masakan lainnya. Kandungan kurkumin yang terkandung di dalamnya berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan.

Tak hanya diolah dengan masakan, jamu kunyit yang sering dikonsumsi anak-anak juga akan membuat nafsu makan meningkat.

Selain dari kunyit, kamu juga dapat menggunakan jamu jahe, kayu manis, temulawak, atau kencur sebagai obat peningkat nafsu makan anak. Biasanya jamu anak terkesan manis dan memiliki rasa, seperti coklat dan stroberi yang membuat anak-anak menyukainya.