Mirip Close Friends di Instagram, Twitter Uji Fitur Baru Bertajuk Circle

Jumat, 6 Mei 2022 | 12:00:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Mirip Close Friends Di Instagram, Twitter Uji Fitur Baru Bertajuk Circle

Ilustrasi Twitter. (Special)

Ladiestory.id - Media sosial Twitter tak hentinya membuat sejumlah fitur baru. Saat ini, perusahaan Twitter sedang melakukan pengujian fitur Circle yang mirip dengan Close Friends di Instagram.

Dilansir laman resmi Twitter, fitur Circle ini merupakan cara untuk mengirim tweet ke orang-orang tertentu dan membagikannya dalam kelompok yang lebih kecil. Oleh karena itu, pengguna Twitter dapat memilih siapa saja yang ada di fitur Circle.

Di fitur Circle ini, nantinya para pengguna dapat memilih hingga 150 orang untuk bergabung dalam perkumpulan mereka, termasuk pengikut dan non pengikut. Ketika pengguna ingin men-tweet tanpa membagikannya kepada publik, mereka hanya membuka menu ‘Choose Audience’ dan menulis cuitan serta memilih opsi Twitter Circle.

Unggahan Twitter. (Twitter.com/TwitterSafety)

Dengan demikian, tweet tersebut hanya dapat dilihat dan direspons oleh orang-orang yang telah dipilih. Pemilihan anggota Tweet Circle ini dapat berdasarkan kedekatan pertemanan topik yang akan dibahas.

Fitur ini tersedia untuk pengguna IOS, Android, dan web. Jika pengguna berada di dalam Twitter Circle, mereka tak dapat menghapus diri. Namun, mereka masih dapat membisukan diskusi ketika dirasa bisa menghabiskan terlalu banyak waktu.

Secara umum, Twitter Circle memberikan pilihan agar tweet pengguna tak dapat dilihat semua orang, meski akun tidak dalam mode private. Dalam fitur ini, hanya orang-orang pilihan yang dapat melihat dan membalas tweet tersebut. Menariknya, seseorang tidak dapat melakukan re-tweet saat menggunakan Twitter Circle.

Meski begitu, pengguna tetap harus berhati-hati dengan akun dan orang-orang di Twitter Circle. Hal ini dikarenakan tweet yang dibagikan dapat dilakukan tangkapan layar oleh pengguna di Twitter Circle.

Dengan demikian, penyalahgunaan privasi dengan menyebarkan tangkapan layar dari tweet melalui Twitter Circle tetap dapat dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

s