5 Mitos Tentang Jerawat, Ini Faktanya!

Senin, 5 September 2022 | 00:01:00

5 Mitos Tentang Jerawat, Ini Faktanya!

skin (Pinterest)

Ladiestory.id - Jerawat merupakan kondisi yang umum terjadi pada setiap orang. Kondisi kulit yang berbeda mempengaruhi rentannya timbul di jerawat.

Banyak faktor yang dapat mengakibatkan jerawat muncul seperti hormon, genetika, lingkungan, skincare, obat-obatan, atau kondisi kesehatan tertentu. Namun, pola makan yang tak sehat juga dapat membuat kulit wajah rentah timbul jerawat. Berikut mitos tentang jerawat yang banyak dipercaya dan ini faktanya.

Hanya Remaja yang Berjerawat

Skindemik (Special)

Jerawat saat remaja terjadi akibat hormon yang berubah. Hormon tersebut menyebabkan peningkatan sebum atau minyak pada kulit, serta peningkatan pertumbuhan sel kulit. Bagi banyak orang, mitos tentang jerawat yang hanya tumbuh pada saat remaja, sering kali didengar. Faktanya, jerawat juga dapat timbul dari masa pubertas hingga dewasa.

Bahkan beberapa orang mengalami jerawat yang muncul terlambat, yakni dimulai setelah usia 25 tahun. Menurut penelitian Healthline, memperkirakan bahwa 50 persen orang berusia 20-29 tahun, 35 persen orang berusia 30-39 tahun, 26 persen orang berusia 40-49 tahun dan 15 persen orang berusia 50 tahun ke atas mengalami jerawat.

Perawatan jerawat untuk remaja dan dewasa biasanya bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan penyebab yang dicurigai. Gunakan perawatan yang cocok untuk jenis kulitmu agar dapat bekerja secara maksimal.

Coklat Tidak Baik untuk Kulit

Olahan cokelat untuk anak. (Special)

Menurut penelitian, mengonsumsi coklat tidak menyebabkan jerawat di kulit wajah. Hal ini disebabkan karena cokelat mengandung bahan-bahan seperti gula dan susu yang mungkin dapat menyebabkan masalah pada sebagian orang.

Namun, riset telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan dan gula tambahan lebih mungkin mengalami jerawat. Kesimpulannya, coklat tidak menyebabkan jerawat. Akan tetapi, jika ragu, kamu bisa menggantinya dengan cokelat hitam yang memiliki kandungan rendah gula.

Susu Penyebab Jerawat

Susu (Special)

Mungkin sebagian orang sering mendengar tentang mitos ini. Sama seperti cokelat, susu juga dikaitkan dengan penyebab jerawat karena kandungan gulanya. Faktanya, produk susu tidak menyebabkan jerawat rentan muncul. Akan tetapi, dapat terjadi pada sebagian orang. Jika kamu ragu untuk mengonsumsi susu, sebaiknya ganti susu dengan kandungan yang rendah gula.

Makanan Berminyak Sebabkan Jerawat

Ilustrasi makan gorengan. (Special)

Mitos ini sering kali beredar. Faktanya, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa makanan berminyak dapat sebabkan jerawat. Makanan berminyak jarang menjadi penyebab jerawat muncul. Akan tetapi, makanan tersebut dapat menjadi dasar masalah gula darah, peradangan, atau ketidakseimbangan tubuh yang dapat mendorong jerawat untuk muncul.

Meskipun tidak menyebabkan jerawat muncul, kamu tetap tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan berminyak secara berlebihan. Terlebih, jika kamu makan dengan makanan berminyak menggunakan tangan. Jangan gunakan tangan untuk menyentuh wajah, karena ini akan menyumbat pori-pori yang dapat memicu masalah jerawat. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah.

Kurangi Gluten agar Kulit Sehat

Ilustrasi gandum. (Special)

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hubungan antara gluten dan jerawat. Selain itu, menghindari gluten dapat menyebabkan kurangnya nutrisi dalam tubuh dan gangguan makan.