Jangan Terjebak, Ini 6 Cara Keluar dari Rasa Bersalah

Sabtu, 8 Januari 2022 | 14:30:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Jangan Terjebak, Ini 6 Cara Keluar Dari Rasa Bersalah

Ilustrasi perempuan galau. (Special)

Ladiestory.id - Perasaan bersalah seringkali akan membuatmu terjebak pada satu pemikiran atau sikap saja. Hal ini tentu akan memberikan dampak pada kehidupanmu apabila dibiarkan berlarut-larut. Perlu Kamu pahami bahwa setiap manusia pasti melakukan kesalahan, sehingga itu menjadi hal yang wajar. Apa yang terjadi memang sudah seharusnya terjadi, sehingga Kamu perlu bangkit untuk melanjutkan kehidupan, tanpa terperangkap di perasaan bersalah tersebut.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut Ladiestory.id bagikan tips agar Kamu bisa keluar dari rasa bersalah.

Cari Tahu Akar Rasa Bersalah

Ilustrasi perempuan sedang curhat. (Special)

 Penting untuk Kamu memahami apa akar permasalahan yang terjadi. Jika dibutuhkan, Kamu bisa mengajak diskusi pihak lain di luar masalah tersebut sehingga pandangannya akan lebih netral. Alih-alih mencari akar masalahnya, takutnya Kamu justru akan menyalahkan dirimu sendiri. Sehingga apapun masalahnya, Kamu akan menunjuk dirimu sebagai sumber masalah.

Luapkan dan Tulis Rasa Bersalah

Ilustrasi perempuan menulis. (Special)


Setiap perasaan yang sedang dialami terkadang perlu disampaikan. Ketika mungkin belum ada ruang atau tempat yang bisa dilakukan, mulailah dengan menulis. Dimulai dengan catat dalam jurnal dari waktu, hari, dan mengapa merasa tidak enak, lalu baca lagi setiap beberapa minggu.

Jangan Disesali, Tapi Perbaiki


Ilustrasi perempuan sedih. (Special)

Terkadang Kamu menghabiskan lebih banyak energi untuk menyalahkan diri sendiri atas kesalahan daripada memperbaikinya. Daripada membuang-buang waktu merasa bersalah, terima kesalahan dan lakukan yang terbaik untuk memperbaikinya. 

Ketika merasa tidak enak karena pergi berbelanja daripada bermain di luar bersama anak-anak selama akhir pekan, ajak mereka ke taman malam ini.



Prioritaskan Diri Sendiri

Foto: Ladiestory.id


Memperhatikan diri sendiri bukanlah hal yang egois, itu sehat. Sediakan waktu untuk fokus pada dirimu sendiri dengan melakukan hal yang Kamu suka. Beberapa yang bisa kamu lakukan adalah merawat diri, memotong rambut, memasak, mendengarkan lagu, hingga tidur.

Keluar dari Rasa Bersalah


Ketika terjadi kesalahan, secara alami Kami mulai mencari seseorang untuk disalahkan dan orang itu sering kali adalah diri sendiri. Tapi merasa bersalah tidak akan membantu situasi.

Ingatlah bahwa dunia ini kompleks, dan sering kali serangkaian peristiwa berkontribusi pada apa yang salah
Jangan menanggung (atau menugaskan) semua kesalahan atas hasilnya, tetapi terimalah bahwa hal-hal buruk terjadi.

s