Mudah Diterapkan, Ini Cara Ampuh Jaga Kesehatan Mental

Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Mudah Diterapkan, Ini Cara Ampuh Jaga Kesehatan Mental

ilustrasi cara menjaga kesehatan mental. (Special)

Ladiestory.id - Ketika kamu ingin menjaga kualitas kesehatan, sebaiknya tidak hanya terfokus pada fisik saja. Kesehatan mental juga perlu mendapat perhatian. Sebab, kesehatan mental memiliki peran besar dalam kehidupanmu, seperti kemampuan mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat yang dapat kamu rasakan ketika kesehatan mental terjaga, seperti membantu kamu dalam menikmati hidup, membangun ketahanan dalam diri hingga membuat suasana hati menjadi baik. Jika kamu sering mengalami stres atau kecemasan, berikut 5 cara ampuh yang dapat kamu lakukan. Mudah diterapkan, lho!

Katakan Hal Positif

ilustrasi cara menjaga kesehatan mental. (Special)

Cara berpikir merupakan salah satu hal yang mempengaruhi tingkat stres maupun kecemasan seseorang. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa cara berpikir yang dilakukan seseorang dapat membuat sebuah efek yang kuat pada kejiwaan. Ketika kamu memandang hidup dan diri sendiri secara negatif, maka efek yang dihasilkan pun menjadi negatif. Begitupun sebaliknya, jika sering berpikir menggunakan kata-kata yang positif, maka akan memberikan efek yang positif pula. Hal tersebut juga akan membuatmu lebih optimis dan percaya diri dalam menjalani hidup.

Lakukan Journal Gratitude

ilustrasi cara menjaga kesehatan mental. (Special)

Sebagian orang menganggap menulis jurnal merupakan aktivitas yang kuno. Padahal, aktivitas ini dapat membantu seseorang dalam menjaga kesehatan mentalnya. Kamu dapat mengisi jurnalmu dengan hal-hal yang berkaitan dengan rasa syukur. Ketika sering melakukan journal gratitude atau jurnal rasa syukur, maka akan selalu beriringan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental hingga perasaan bahagia. Kamu cukup menuliskan hal-hal yang kamu syukuri setiap harinya. Meski terasa sulit di awal, kamu harus tetap konsisten dan berlatih dalam mennulisnya untuk mendapatkan efeknya baik jangka pendek maupun panjang.

Olahraga

ilustrasi cara menjaga kesehatan mental. (Special)

Saat kamu melakukan aktivitas olahraga, maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat membantumu melepas stres dan meningkatkan mood, lho! Kamu dapat melakukannya dari olahraga yang kecil seperti jalan kaki disekitar rumah atau naik turun tangga. Lakukanlah secara teratur minimal 20 menit setiap hari. Usahakan, kamu melakukannya diluar ruangan supaya mendapat paparan sinar matahri yang dapat membantu tubuhmu menyerap vitamin D dan terjadi peningkatan serotonin dalam otak. Selain itu, olahraga dapat menjadi penangkal stres, kecemasan dan depresi yang sangat ampuh.

Mengonsumsi Makanan yang Sehat

ilustrasi cara menjaga kesehatan mental. (Special)

Selain mementingkan makanan yang enak, kamu juga perlu memperhatikan kesehatan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kamu dapat mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah normal untuk membantu meningkatkan serotonin yang berfungsi memberi efek ketenangan pada suasana hatimu. Selain itu, kandungan protein dapat membantu kamu supaya tetap waspada. Tak hanya itu, sayuran dan buah yang kaya akan kandungan vitamin dapat mempengaruhi kemampuan otak dalam mengatur mood. Nutrisi ini dapat meningkatkan mood jadi lebih baik dan memdahkan kamu dalam berpikir secara kognitif.

Tidur Tepat Waktu

ilustrasi cara menjaga kesehatan mental. (Special)

Melakukan istirahat merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan mental. Sebab, penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidurnya akan menimbulkan efek negatif pada suasana hatinya. Usahakan kamu tidur tepat waktu setiap hari. Hindari melakukan aktivitas lain seperti bermain gadget atau menonton film sebelum tidur.

Selain itu, bagi pecinta kopi perlu menerapkan aturan yang jelas mengenai batas kafein yang perlu di konsumsi setiap harinya. Hal tersebut dapat membantu tubuhmu tidak selalu terjaga karena kafein yang terlalu banyak. Bagi usia 20 tahun ke atas, anjuran tidur yang cukup yaitu antara 7- 8 jam per hari. Selamat mencoba, Ladies!

s