6 Ragam Bentuk Journaling untuk Curahkan Isi Hatimu

Minggu, 31 Juli 2022 | 00:01:00

6 Ragam Bentuk Journaling Untuk Curahkan Isi Hatimu

Ilustrasi Journaling (Pinterest.com)

Ladiestory.id - Menulis merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyalurkan stres atau melepas kepenatan setelah menghadapi berbagai kegiatan yang melelahkan. Saat ini, menulis bisa diterapkan melalui berbagai macam media, seperti blog dan media sosial. Namun, biasanya ada juga yang memilih untuk menyalurkan keluh kesahnya melalui cara tradisional, yaitu menulis pada buku diary atau journaling.

Berikut ini macam-macam bentuk journaling yang dapat kamu lakukan untuk mengekspresikan emosi dan pikiran dengan cara yang sehat.

Gratitude Journaling

Ilustrasi Journaling (Pinterest.com)

Gratitude journaling berfokus pada hal-hal baik dan sederhana yang disyukuri dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, apa yang membuatmu tersenyum, hal apa yang disyukuri pada hari ini, apa yang membuatmu tertawa, apa hal baik yang terjadi hari ini, dan apa yang kamu lihat secara menakjubkan hari ini.

Dengan melakukan gratitude journaling, akan membantumu memperluas pandangan dalam kehidupan, menangkal emosi-emosi negatif, menjadi lebih fokus terhadap hal-hal bermakna dalam hidup, meningkatkan self awareness, dan mengapresiasi hal-hal positif yang ada di sekitar.

Reflective Journaling

Ilustrasi Journaling (Pinterest.com)

Reflecitive journaling berfokus pada pengalaman yang dialami dan dipahami apa makna sebenarnya dari pengalaman tersebut, bisa sesuatu yang baik maupun buruk. Jurnal ini bisa membantumu mengidentifikasi hal-hal penting, seperti hubungan, karier, dan kehidupan pribadimu.

Cara menulis reflective journaling bisa menggunakan tiga W, yaitu what, so what, dan what next. What, seperti apa yang terjadi dan siapa yang terlibat. So what, seperti aspek apa yang paling penting, menarik, relevan dan berguna, penjelasan tentang kejadian itu, dan penjelasan tentang apakah ada kemiripan atau justru berbeda dari yang lain. What next, seperti kesimpulan apa yang dipelajari dan cara menerapkannya di masa depan.

Mood Journaling

Ilustrasi Journaling (Pinterest.com)

Mood journaling berfokus pada suasana hati yang dirasakan sepanjang hari, sehingga kamu bisa mengenali tren, pemicu, dan penggunaan energimu. Pada jurnal ini, kamu bisa mencatat emosi-emosi apa yang sedang kamu rasakan dan mengidentifikasi apa penyebanya, apa yang dihasilkan, dan apakah itu sesuai dengan kontekstual atau tidak.

Manfaat melakukan mood journaling adalah regulasi emosi yang lebih kuat, memberdayakanmu untuk mengadvokasi perasaan, penegasan diri, bantuan untuk mengenali disosiasi, dan keterampilan komunikasi yang lebih baik. 

Goal Journaling

Ilustrasi Journaling (Pinterest.com)

Goal journaling berfokus pada merencanakan dan memantau hal yang ingin kamu capai. Jurnal ini membantumu mempermudah melacak kemajuan serta membuatmu bertanggung jawab atas kemajuanmu. Saat menyusun jurnal ini, kamu tidak perlu memiliki keterampilan khusus karena yang kamu perlukan hanyalah kedisiplinan untuk memperbarui jurnal tiap hari dan secara teratur untuk melihat seberapa jauh kamu melangkah.

Kamu bisa memisahkan tujuan jangka pendek dan janka panjangmu. Untuk jangka pendek, biasanya mengenai hal-hal yang ingin kamu lakukan dalam jangka waktu enam bulan sampai satu tahun. Sedangkan, untuk jangka panjang, biasanya mengenai hal-hal yang ingin kamu capai dalam jangka waktu lima sampai sepuluh tahun. Kamu bisa menuliskan seperti apa yang kamu lihat, kamu ingin menjadi siapa, dan apa yang ingin kamu lakukan.

Art Journaling

Ilustrasi Journaling (Pinterest.com)

Art journaling berfokus pada jurnal yang berisi kata-kata dan visual, seperti gambar, foto, stiker,  dan juga majalah. Di dalam jurnal ini, kamu bisa menuangkan apa yang kamu lihat, rasakan, pelajari, dan ketahui.

Manfaat dari melakukan art journaling yaitu kamu dapat mengekspresikan diri secara lebih baik, melatih keterampilan bahasa, menulis, dan juga menggambar.

Bullet Journaling

Ilustrasi Journaling (Pinterest.com)

Bullet journaling atau yang biasa disebut dengan bujo berfokus pada catatan harian yang membantumu untuk memantau serta mengatur jadwal, waktu, dan aktivitas sehari-hari. Bisa dikatakan bujo mirip dengan planner, namun dalam pembuatannya, bujo mengombinasikan antara planner dan diary.

Bagi kamu yang sering keteteran, kamu bisa mencoba jurnal ini agar waktumu berjalan secara seimbang. Pada jurnal ini, kamu bisa mencatat berbagai hal, seperti time table, to do list, mood tracker, health tracker, movie recommendation, dan topik menarik lainnya.

Itulah 6 ragam bentuk jurnal yang bisa kamu lakukan untuk mencurahkan isi hatimu. Kamu bisa melakukan journaling diberbagai media, seperti ponsel maupun buku. Selamat mencoba!

s