5 Manfaat Rutin Journaling, Cara Mudah Untuk Jaga Kesehatan Mental

Kamis, 26 Oktober 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Rutin Journaling, Cara Mudah Untuk Jaga Kesehatan Mental

Ilustrasi Seseorang Menulis. (iStock)

Ladiestory.id - Journaling tentu sudah tak asing untukmu bukan? Kebiasaan satu ini memang sudah banyak dilakukan para tokoh dunia. Mulai dari Dalai Lama hingga Oprah Winfrey yang tentu namanya telah banyak dikenal. Namun, tahukah kamu manfaat rutin journaling?

Meskipun masih sering dianggap sepele bagi beberapa orang. Nyatanya, kebiasaan yang mudah untuk dipraktekan ini banyak berhubungan dengan kualitas kesehatan mental seseorang yang cenderung lebih baik. 

Bagi kamu yang ingin memulainya, cara menulis journaling sendiri terbilang cukup mudah. Asal, kamu memiliki tekad untuk melakukannya dengan rutin. Adapun tulisan yang bisa kamu curahkan seperti tiga hal yang kamu syukuri dipagi hari dan tiga hal yang kamu pelajari hari ini.

Kamu bisa melakukan cara ini satu kali sehari bagi di pagi maupun malam menjelang tidur. Lalu, apa aja sih manfaat rutin journaling khususnya untuk kesehatan mental? Yuk, langsung aja cek daftarnya berikut ini.

Meningkatkan Kebahagian

Ilustrasi bahagia. (iStock)

 

Manfaat rutin journaling yang pertama adalah untuk meningkatkan kebahagiaan. Konsep mencintai diri sendiri kini banyak digencarkan di masyarakat. Sebab, hal ini kerap membantu seseorang lebih percaya diri dan bahagia. 

Melalui kebiasaan menulis jurnal syukur, kamu menjadi lebih banyak memperhatikan hal yang membangaian. Selain itu, kamu juga menjadi lebih banyak menguatkan diri untuk membantu menyelesaikan masalah yang sulit. Sehingga, kamu menjadi lebih baik dalam menghadapi masalah dan mengelola emosi. 

Bahkan, jika dilakukan secara rutin dapat membantu mengurangi risiko kecemasan maupun depresi. Mulailah meluangkan waktu dan menulis hal yang membahagiakan dan merayakannya dengan senyuman di setiap kalimatnya. 

Membantu Lebih Mindfulness

Ilustrasi mindful breathing. (Special)

 

Ketika kamu membiasakan diri untuk menulis journaling. Maka, kamu akan lebih banyak mendorong diri mensyukuri hal-hal yang kamu miliki. Kemudian, meninggalkan sesuatu yang hilang dan menjadikannya sebagai refleksi untuk memperbaikinya. 

Nah, ternyata kebiasaan ini juga membantu proses pelepasan dopamin serta serotonin lebih lancar. Dua senyawa kimia dalam otak ini bekerja dalam mengatur emosi mulai dari membahagiakan hingga mencegah terjadinya kecemasan.

Selain itu, kebebasan ini juga menjadikanmu lebih fokus ketika melihat atau merasakan kebahagiaan yang kecil sekalipun. Sehingga, kamu juga melupakan hal yang berada di luar kontrol dan menjadikan kesehatan mental terjaga. 

Mengurangi Stres

 

Ilustrasi Jantung Lebih Tinggi. (iStock)

 

Manfaat rutin journaling yang tak boleh ketinggalan adalah mengurangi stress. Ketika kamu meluangkan waktu untuk menulis journaling yang berisi rasa syukur dan hal-hal yang kamu pelajari hari ini. 

Maka, secara tidak langsung kamu menjadi lebih rileks dan stres pun berkurang. Bahkan, beberapa penelitian juga menemukan bahwa kebiasaan ini bisa memicu adanya kerjasama antara otak kanan dan kiri. 

Diketahui, kebiasan menulis journaling akan membantu menyeimbangkan kinerja antara otak kanan dan kiri. Jika pada saat bekerja kamu banyak menggunakan otak kiri dalam hal analitik dan logika. Maka, ketika menulis journal kamu akan meningkatkan kemampuan imajinasi dan intuisi dalam hal snei.

Menjadikan Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi Wanita Tidur. (Freepik)

 

Siapa sangka, kebiasaan journaling pada malam hari ternyata tak hanya berkaitan dengan kesehatan mental. Namun, lebih jauh dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak. 

Beberapa penelitian juga menemukan adanya hubungan antara peningkatan rasa syukur dan kualitas serta durasi tidur seseorang. Sebab, kebiasaan journaling membantu seseorang lebih tenang dan rileks terutama ketika dilakukan menjelang tidur.

Selain itu, journaling akan membantumu untuk lebih termotivasi di pagi hari. Jadi, tak ada salahnya untuk mulai mencoba kebiasaan ini bukan?

Memutuskan Pilihan yang Lebih Baik

Ilustrasi perempuan bekerja. (Special)

 

Manfaat rutin journaling yang terakhir yaitu membantumu memutuskan pilihan yang lebih baik. Ketika kamu banyak membiasakan diri untuk menuliskan hal positif. Maka, perasa akan menjadi lebih baik tanpa kamu sadari.

Alhasil, kamu pun menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Misalnya, rutin berolahraga di rumah, menikmati makan sehat hingga menghubungi orang-orang tercinta lebih sering.

Selai itu, kebiasaan ini juga akan mendorong orang untuk senantiasa memprioritaskan kebahagiaan Terutama, yang menjadikan kesehatan mental maupun fisik lebih baik dan terjaga secara menyeluruh. 

Demikian informasi mengenai manfaat rutin journaling khususnya bagi kesehatan mental. Semoga bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba, Ladies! (*)