Perlu Dilakukan! 8 Cara Menguatkan Mental Yang Mudah Dan Sederhana

Rabu, 18 Agustus 2021 | 05:14:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Perlu Dilakukan! 8 Cara Menguatkan Mental Yang Mudah Dan Sederhana

Foto: Ladiestory.id

Menurut kamus Kamus Besar Bahasa Indoneisa, mental adalah hal yang bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga. Dapat diartikan juga, mental sebagai "tindakan yang dipengaruhi pikiran".

Beragam Cara Menguatkan Mental

Nah, kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang.

Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stres berat jangka panjang. Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental.

Jika seseorang sudah mengalami penyakit mental atau gangguan mental, hal tersebut dapat berdampak negatif terhadap suatu kehidupan orang.

Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.

Oleh sebab itu, menguatkan mental menjadi hal yang penting bagi kelangsungan hidup manusia.

 

1. Mengurangi Membuka Sosial Media

Foto: Ladiestory.id

 

Media sosial memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental seseorang, terlebih jika tidak dapat mengendalikannya. Sebab, konten di media sosial membuat mental kita down, insecure, bahkan berujung stres.

Maka saat diri sendiri dianggap belum bisa mengendalikan emosi dalam bermedia sosial, alangkah baiknya mengurangi waktu ataupun menghindari sekalian.

2. Jangan Membandingkan Diri

Foto: Ladiestory.id

 

Membandingkan diri dengan orang lain justru akan membatasi kualitas diri sendiri. Sebab, rasa iri hati hanya memberikan energi negatif dan melelahkan.

Cara menguatkan mental bisa dimulai dengan menggunakan waktu kita untuk hal-hal yang positif. Semakin kita membandingkan diri, justru akan menjadi pribadi yang rapuh secara mental.

3. Sehat Secara Fisik

Salah satu cara menguatkan mental adalah menjaga kesehatan fisik. Sebab  apabila fisik Anda akan terjaga dengan amat baik, maka kesehatan mental pun juga akan terjaga pula.

4. Olahraga

Foto: Ladiestory.id

 

Menguatkan mental juga didapati dengan berolahraga. Bahkan ada sebuah  kajian yang dipublikasikan Journal of Clinical Psychiatry pada September 2014 menunjukkan bahwa aktivitas fisik menurunkan gejala depresi pada orang-orang berpenyakit mental. Untuk tahap awal, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda santai, atau push up setiap hari.

5. Beraktivitas di Luar Ruangan

Rupanya aktivitas dalam ruangan dapat menurunkan mental Anda. Jadi sangat disarankan untuk lebih sering beraktivitas di luar ruangan, terutama ruang terbuka hijau untuk memperkuat mental Anda. Ada sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Environmental Science & Technology pada April 2010 lalu menemukan bahwa beraktivitas di luar ruangan selama 5 menit dapat meningkatkan penghargaan diri.

Bahkan sebuah penelitian yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Science pada akhir Mei 2015 menunjukkan bahwa berjalan kaki di alam terbuka selama 90 menit terbukti menurunkan aktivitas otak di bagian subgenual prefrontal cortex. Bagian ini aktif ketika kita sedang berpikiran negatif.

6. Berani Berkata “Tidak”

Foto: Ladiestory.id

 

Menurut Psych Central, orang yang bermental kuat tahu kapan harus mengatakan 'tidak'. Anda merasa nyaman membela diri Anda sendiri, dan mengerti bahwa mengatakan tidak pada suatu hal pada akhirnya akan menguntungkan dan menyelamatkan diri Anda sendiri. Anda tidak merasa malu atau bersalah tentang hal itu, dan malah merasakan kebebasan.

Anda juga mengetahui kapan tanggung jawab emosional harus dimulai dan kapan pula harus menghentikannya.

7. Evaluasi Diri

Evaluasi dapat menjadi cara menguatkan mental. Cukup luangkan waktu selama 15 menit tersebut dan gunakanlah untuk mengobrol dengan diri Anda sendiri. Walau hanya sebentar, waktu yang digunakan untuk melihat kembali refleksi diri akan dapat mengisi kembali energi yang terbuang setelah Anda berusaha.

8. QualityTime Bersama Orang yang Disayang

Foto: Ladiestory.id

 

Orang yang disayang tidak selalu berbicara tentang pasangan kekasih. Anda bisa quality time dan menghabiskan waktu bersama orang teredekat. Bertemu dengan orang-orang terdekat akan sangat penting untuk kesehatan mental Anda.

Meskipun sedang sibuk segala aktivitas, namun jangan lupa untuk selalu menyisihkan waktu bersama dengan orang-orang yang bisa menjadi sumber energi bagi Anda.

Itulah 8 cara menguatkan mental agar dapat menjalani hidup yang semakin sulit.

Berita Terkait