Mulai 2023, Netflix Akan Setop Layanan Sharing Password

Senin, 26 Desember 2022 | 21:50:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Mulai 2023, Netflix Akan Setop Layanan Sharing Password

Netflix. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu platform streaming, Netflix baru saja memberikan update terbarunya mengenai masalah sharing password yang semakin marak terjadi. Pihaknya akan menghentikan masalah sharing password mulai 2023.

Hal ini dilakukan karena Netflix merasa semakin berkurangan subscribers mereka dari waktu ke waktu. Netflix akan meminta biaya tambahan untuk akun yang dipakai secara bersamaan.

Sebelumnya Netflix memberikan opsi satu akun bisa digunakan untuk empat pengguna sekaligus, tergantung jenis paket yang digunakan oleh pelanggan. Tujuan adanya sharing password tersebut adalah guna membantu user yang tinggal di satu rumah agar sama-sama bisa menikmati sajian konten dari Netflix.

Netflix. (Special)

Namun nyatanya, banyak pengguna Netflix yang memberikan password-nya kepada user yang tidak tinggal di satu rumah. Hal tersebut jelas-jelas sangat dilarang. 

Melansir The Wall Street Journal, Netflix akan menindaklanjuti pengguna yang berbagi akun. Mulai 2023, Netflix akan meminta biaya tambahan kepada pengguna yang melakukan sharing password pada user yang tidak tinggal di satu rumah yang sama.

Kebijakan tersebut tentunya akan berimbas kepada 100 juta pengguna Netflix. Diketahui, kebijakan baru tersebut sudah dilakukan uji coba di beberapa negara di Amerika Selatan.

Dalam uji coba tersebut, bagi pengguna yang ingin menambahkan orang yang tidak tinggal di satu rumah yang sama harus membayar biaya sebesar 3 dolar AS atau setara Rp50 Ribu per bulan di atas biaya langganan. Dengan kebijakan tersebut, pihak Netflix meyakini bahwa pemasukan akan semakin bertambah.

Netflix. (Special)

Pemilik akun utama Netflix harus memberikan kode verifikasi kepada pengguna lain yang ingin mengakses akun yang sama tapi tidak tinggal dalam satu rumah. Netflix akan terus meminta kode verifikasi kepada pengguna lain sampai biaya tambahan itu dibayarkan.

Pihak Netflix pun akan menggunakan beberapa cara untuk menegakkan aturan tersebut. Netflix akan mengawasi alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun pengguna.