Mulai Jenuh? Ini 5 Tanda Bahwa Dirimu Perlu Ambil Cuti

Sabtu, 23 Juli 2022 | 20:45:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Mulai Jenuh? Ini 5 Tanda Bahwa Dirimu Perlu Ambil Cuti

Ilustrasi Tanda Bahwa Perlu Cuti (pinterest)

Ladiestory.id - Di dunia yang serba cepat seperi saat ini, mencuri waktu untuk merawat diri atau self care menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi pekerja wanita yang super sibuk. Merasa kelelahan dengan beragam aktivitas kerja yang harus dituntut untuk selesai tepat waktu, membuat dirimu mudah lelah dan perlu untuk rehat sejenak dari padatnya kerjaan atau aktivitas tiada henti.

Ladies, jangan forsir dirimu sehingga kamu menjadi stres dan mudah emosi. Jika kamu mengalami 5 tanda ini, sudah saatnya kamu perlu ambil waktu untuk cuti.

Bekerja Terus-menerus Hingga Lupa Istirahat

Bekerja Hingga Lupa Istirahat (pinterest)

 

Mencintai pekerjaan memang sah-sah saja, akan tetapi jika kamu bekerja terus hingga lupa waktu justru akan membuat tubuhmu menjadi drop bahkan kelelahan. Tak hanya itu, tanpa disadari kamu akan menjadi mudah marah bahkan lupa untuk beristirahat. Padahal tubuhmu sudah mulai lelah. Waspadi hal ini karena tanpa disadari penyakit bisa saja datang menghampiri.

Coba luangkan waktumu sejenak untuk mengecek kalender dan aplikasi travel yang dapat membantu menenangkan diri dan pikiranmu. Nggak ada salahnya kan jika kamu mengambil waktu untuk cuti dan piknik untuk menenangkan diri. Coba rehatkan sejenak tenaga dan pikiranmu. Berikan sedikit waktumu kepada keluarga, sahabat maupun orang terkasih yang pastinya sangat merindukan kehadiranmu saat bersama dengan mereka.

Merasa Lelah di Tempat Kerja

Merasa Lelah di Tempat Kerja (pinterest)

 

Jika pikiran, hati dan tubuhmu mulai merasa penat dan lelah, hal ini menunjukkan kamu perlu untuk mengambil cuti. Jangan terus-menerus memaksakan diri jika kamu mulai merasa lelah. Kamu juga perlu mengatur batasan terhadap dirimu ketika melakukan sebuah pekerjaan.

Jika kamu sering melakukan kesalahan di tempat kerja terkait pekerjaan yang kamu lakukan, kurang fokus, dan kamu kurang merasakan hasil maksimal ketika bekerja, hal itu bisa menunjukan bahwa kamu perlu beristirahat dan mengambil waktu sejenak untuk cuti.  

Menjadi Lebih Sensitif

Menjadi Lebih Sensitif (pinterest)

 

Merasa kurang produktif di tempat kerja terkadang kamu menjadi mudah marah dan sensitif terhadap hal-hal kecil. Nggak hanya itu, kamu pun akan menjadi mudah tersinggung dan burnout, padahal tak biasanya kamu menjadi seperti demikian. Jika kamu sudah menunjukan tanda-tanda ini di lingkungan sekitarmu, sebaiknya kamu mencoba menjauh sejenak dari hal yang membebani hati dan pikiranmu. Supaya kembali good mood, cobalah tentukan waktu yang cocok untuk mengambil cuti.

Semangat Kerja Menurun

Semangat Kerja Menurun (pinterest)

 

Ketika dihadapi dengan beragam aktivitas maupun deadline tugas pekerjaan, kamu justru berubah menjadi malas dan tak semangat untuk mengerjakannya. Padahal biasanya kamu selalu membabat habis pekerjaanmu dengan tepat waktu atau dengan caramu sendiri. Kali ini kamu tak bisa mengontrol semangat dan produktivitas kerjamu, sehingga kondisi fisik dan kesehatanmu menjadi menurun.

Bisa jadi kamu mulai lelah dengan pekerjaan dan kamu perlu untuk beristirahat. Cobalah ambil waktu untuk menenangkan diri maupun beristirahat. Ingat, jangan terus memaksa dirimu untuk menghabiskan waktu dengan dunia kerja yang toxic, saatnya kamu mulai manjakan diri dan istirahatkan sejenak segala urusan pekerjaanmu.

Menghindari Stres dengan Cara yang Salah

Menghindari Stres dengan Cara yang Salah (pinterest)

 

Setelah bertarung dengan padatnya pekerjaan, kamu malah tidak memanfaatkan waktu dengan beristirahat cukup. Kamu justru mengabaikan diri dengan bermain game, menonton serial drama hingga larut malam bahkan scroll media sosial tak tentu waktu.

Hal ini justru cara yang salah untuk menghilangkan rasa stres. Alangkah lebih bak kamu mempersiapkan waktu khusus yang bisa digunakan ekstra untuk menghindari stres dengan cara yang sehat dan membuat dirimu kembali menjadi fit, bahagia dan bisa kembali bersemangat menyambut hari yang baru.

Yuk, luangkan sejenak padatnya aktivitasmu dengan merelaksasikan dirimu sejenak.